Sabtu, 27 Oktober 2018

Pesona Bukit Lendongara (LDR) Di Tanah Sumba

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Perbukitan merupakan salah satu tempat yang sangat indah dan mendamaikan. Menikmati sore hari dengan segelas cokelat hangat akan menambah nikmat nya kehidupan dan kenyamanan saat menyatu dengan alam. Berbicara tentang bukit, ini mengingatkan saya pada serial film anak di tahun 90-an, tau kan apa? itu yang empat bersaudara dengan close ceremoninya diiringi dengan ungkapan #Berpelukan. Teletubies..! Generasi millennium tentunya sudah tidak awam lagi dengan serial berepisode ini. Namun siapa sangka lokasi di serial ini benar-benar ada di dunia nyata. Bukit ini bisa kita jumpai di Indonesia, tepatnya di Pulau Sumba.

Bukit Lendongara merupakan salah satu bukit yang ada di Pulau Sumba. Bukit yang biasa di kenal dengan singkatan Bukit LDR (bukan Long Distance Relationship, ya..!) ini berlokasi di Desa Karunni, Kec. Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Keindahan perbukitan ini tidak di ragukan lagi. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota menjadikan area perbukitan ini menjadi salah satu destinasi wisata utama yang harus kalian kunjungi jika singgah di kabupaten ini. Sekilas, bukit ini nampak sama dengan bukit-bukit pada umumnya, namun yang membuat bukit ini unggul adalah kalian dapat menjumpai sunrise hingga sunset di tempat yang sama. Akses ke bukit ini lumayan bagus, karena sepanjang perjalanan kalian akan melewati jalan ber-aspal hingga sampai ke lokasi.

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi
Seperti bukit pada umumnya, bukit LDR memiliki rute perjalanan yang cukup menguras konsentrasi, dimana jalannya nya berliku dengan ruangan gerak yang terbatas. Disamping itu, minimnya petunjuk jalan yang ada akan membuat kalian sedikit kebingungan, jadi usahakan untuk menganut prinsip malu bertanya sesat dijalan, atau kalian juga bisa langsung mengakses tempat ini dengan menggunakan Google Maps dari handphone kalian. Akses transportasi umum sangat minim di lokasi ini, sehingga akan sangat menyulitkan kalian yang lebih suka menggunakan transportasi umum, satu-satunya jalan yah kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi atau rental untuk bisa sampai ke lokasi ini. Situasi dan keamanan di sepanjang bukit ini torgolong sangat minim hunian dan sepi, jadi usahakan untuk membawa teman atau pergi berkelompok untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Buat kalian yang tertarik ke tempat ini, ada baiknya untuk mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk mendapatkan view pemandangan yang kece. Jika kalian pemburu Sunrise maupun Sunset baiknya datang lebih awal karena biasanya cuaca disekitar lokasi sangat sulit untuk di prediksi. Idealnya jika ingin mendapatkan gambar yang bagus itu berkisar pada jam 15:00 WITA hingga matahari terbenam. Kondisi bukit biasanya berubah seiring dengan pergantian musim. Saat musim kemarau, area perbukitan akan terlihat sangat gersang dengan warna kecokelatan yang sangat eksotis, bahkan disaat seperti ini biasanya kalian akan sering menjumpai kuda-kuda khas sumba yang sedang menyantap hidangan sorenya.  Lain halnya jika kalian berkunjung disaat musim hujan, riuk-riuk air hujan yang dingin sudah pasti akan membuat kalian merasakan kesejukan area perbukitan bahkan sepanjang jalan perbukitan kalian akan tersihir dengan hijaunya dedaunan yang akan membuat kalian terkagum-kagum dengan indahnya ciptaan yang Maha Kuasa.

Terdapat banyak spot yang bagus untuk di jadikan sebagai tempat berkemah, berfoto ataupun sekedar tempat nongkrong. Jadi silahkan untuk menyusuri area bukit ini untuk mendapatkan pemandangan yang berbeda-beda tiap spotnya. Jangan lelah untuk berpindah-pindah tempat, karena untuk mendapatkan pemandangan yang nyentrik juga perlu usaha dan kerja keras. By the way, just info siapkan perbekalan kalian dari rumah jika berencana untuk berlama-lama menikmati tempat ini, karena ketika kalian mulai memasuki jalan di area perbukitan, kalian tidak akan menemukan warung-warung ataupun kios-kios yang menjual makanan di sekitar lokasi ini.
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Danau Tanralili ( Surga Di Kaki Gunung Bawakaraeng)

Sumb er: Dokum entasi Pribadi M e nd e ngar kata Gunung Bawakara e ng s e kilas akan t e rlintas angan t e ntang k e tinggian dan huta...