Republik Perancis merupakan negara yang
mempunyai sistem akuntansi nasional yang seragam di dunia. Pada tahun 1947
dalam bulan September The Ministry Of National Economy mengeluarkan untuk pertama
kali Plan Comptable General yang dirinci sebagai berikut:
1.
A nation uniform chart of account
- Definitions and explanations of terminology
- Explanations, where necessary of the form of entries and which accounts to debit and/or credit in the recording of special events and transactions
- Principies of accounting measurements (valuation)
- Standard forms for financial statements
- Acceptable cost accounting methods
Elemen-elemen yang sangat berarti dirubah pada
plan comptable general adalah permintaan pengungkapan pada Generally Accepted
Financial Statement. Pengungkapan pada bermacam-macam hal tersebut dapat
dijelaskan sebagai berikut:
- Departures from generally accounting principies
- Explanation of valuation rules employed
- Accounting treatment of foreign currency items
- Statement of changes in fixed assets and deprecition
- Details of provitions
- Details of any revaluation
- Contingent liabilities related to leases
- Breakdown of liabilities by maturity
- Analysis of deffered charges, deffered items arising from currency translation and unusual items
- Details of the impact tax on the financial statement
- Disclosure of liabilities secured by collaterals
- Statement showing how the profit of loss has been appropriated
- The average number of employed listed by category
- A list of marketable securities held
- Analysis turn over by activity and geographically
Perancis merupakan pendukung utama penyeragaman
akuntansi nasional di dunia. Kementrian Ekonomi Nasional menyetujui Plan
Comptale General (kode akuntansi nasional) resmi yang pertama pada
bulan September 1947. Pada Tahun 1986, rencana tersebut diperluas untuk
melaksanakan ketentuan dalam Direktif Ketujuh UE terhadap laporan keuangan
konsolidasi dan revisi lebih lanjut pada tahun 1999. Plan Comptable
General berisi:
1.
Tujuan dan prinsip akuntansi seta pelaporan
keuangan
2.
Definisi aktiva, kewajiban, ekuitas pemegang
saham, pendapatan dan beban
3.
Aturan pengakuan dan penilaian
4.
Daftar akun standar, ketentuan mengenai
penggunaannya, dan ketentuan tata buku lainnya
5.
Contoh laporan keuangan dan aturan penyajiannya
Ciri khusus akuntansi di Perancis adalah
terdapatnya dikotomi (pemisahan) antara laporan keuangan perusahaan secara
tersendiri dengan laporan keuangan kelompok usaha yang dikonsolidasikan.
Meskipun akun-akun perusahaan secara tersendiri harus memenuhi ketentuan
pelaporan wajib, hukum memperbolehkan perusahaan Perancis untuk mengikuti
Standar Pelaporan Keuangan internasional.
Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Lima organisasi utama yang terlibat dalam
proses penetapan standar di Prancis adalah :
1.
Counseil National de la Comptabilite atau CNC
(Badan Akuntansi Nasional)
2.
Comite de la Reglemetation Comptable atau CRC
(Komite Regulasi Akuntansi)
3.
Autorite des Marches Financiers atau AMF
(Otoritas Pasar Keuangan)
4.
Ordre des Experts-Comtable atau OEC
(Ikatan Akuntansi Publik)
5.
Compagnie Nationale des Commisaires aix Comptes atau CNCC
(Ikatan Auditor Kepatuhan Nasional)
Di Perancis profesi akuntansi dan auditing
sejak dahulu telah terpisah. Akuntan dan auditor Perancis diwakili oleh kedua
lembaga, yaitu OEC dan CNCC, meski terdapat sejumlah orang yang menjadi anggota
keduannya. Sesungguhnya, 80% akuntan dengan kualifikasi di Perancis memiliki
kedua klasifikasi tersebut. Dua lembaga profesional memiliki hubungan dekat dan
bekerja sama untuk kepentingan bersama. Kedua terlibat dalam pengembangan
standar akuntansi melalui CNC dan CRC dan keduanya mewakili Perancis di IAS
Laporan Keuangan
Perusahaan Perancis harus melaporkan berikut
ini :
1.
Neraca
2.
Laporan laba rugi
3.
Catatan atas laporan keuangan
4.
Laporan direktur
5.
Laporan auditor
Laporan keuangan seluruh perusahaan perseroaan
dan perusahaan dengan kewajiban terbatas lainnya yang melebihi ukuran tertentu
harus diaudit. Perusahaan besar juga harus menyiapkan dokumen yang terkait
dengan pencegahan kepailitan perusahaan dan laporan sosial, yang keduanya hanya
terdapat di Perancis.
Ciri utama pelaporan di Perancis adalah
ketentuan mengenai pengungkapan catatan kaki yang ekstensif dan detail yang
meliputi hal-hal berikut :
1.
Penjelasan mengenai aturan pengukuran yang
diberlakukan
2.
Perlakuan akuntansi untuk pos-pos dalam mata
uang asing
3.
Laporan perubahan aktiva tetap dan depresiasi
4.
Detail provisi
5.
Detail revaluasi yang dilakukan
6.
Analisis piutang dan utang sesuai masa jatuh
tempo
7.
Daftar anak perusahaan dan kepemilikan saham
8.
Jumlah komitmen pensiun dan imbalan pasca kerja
lainnya
9.
Detail pengaruh pajak terhadap laporan keuangan
10.
Rata-rata jumlah karyawan sesuai golongan
11.
Analisis pendapatan menurut aktivitas dan
geografis
Perusahaan-perusahaan komersial harus
memberikan laporan sementara per enam bulan. Di antara hal lain, harus ada
informasi yang diberikan untuk:
1.
Pemakaian air, bahan baku, dan energi, dan
tindakan yang diambil untuk meningkatkan efisiensi energi.
2.
Aktivitas untuk mengurangi polusi di udara, air
atau tanah, termasuk polusi suara, dan biayanya.
3.
Jumlah penyisihan untuk risiko terkait di
lingkungan.
Undang-undang Perancis juga berisi ketentuan
yang ditujukan untuk mencegah kebangkrutan (atau mengurangi akibatnya).
Pemikirannya adalah bahwa perusahaan yang memiliki pemahaman yang baik tentang
masalah keuangan internal mereka dan mempersiapkan proyeksi yang aman bisa
menghindari masalah keuangan dengan lebih baik.
Patokan Akuntansi
Akuntansi di Perancis memiliki karakteristik
ganda: perusahaan secara tersendiri harus mematuhi paraturan yang tetap,
sedangkan kelompok usaha konsolidasi memiliki fleksibilitas lebih besar.
Akuntansi untuk perusahaan secara individual merupakan dasar hukum untuk
membagikan dividen dan menghitung pendapatan kena pajak.
Metode pembelian (purchase method)
umumnya digunakan untuk mencatat penggabungan usaha, namum metode penyatuan
kepemilikan (pooling method) dapat digunakan dalam beberapa kondisi.
Muhibah (goodwill) umumnya dikapitalisasi dan diamortisasi terhadap
laba, namun tidak ditentukan berapa lama periode amortisasi yang maksimum.
Goodwill tidak perlu diuji untuk penurunan nilai . Konsolidasi proporsional
digunakan untuk usaha patungan dan metode ekuitas digunakan untuk mencatat
investasi pada perusahaan yang tidak dikonsolidasikan, yang dapat dipengaruhi
secara signifikan. Praktik translasi mata uang asing sama dengan IAS 21. Aktiva
dan kewajiban anak perusahan yang berdiri sendiri ditranslasikan dengan
menggunakam metode kurs penutupan (akhir tahun) dan perbedaan translasi dimasukan
ke dalam ekuitas.
Perancis
merupakan pendukung utama penyeragaman akuntansi nasional di dunia.Kementrian
Ekonomi Nasional menyetujui Plan Comptale General (kode akuntansi nasional)
resmi yang pertama pada bulan September 1947.Pada Tahun 1986, rencana tersebut
diperluas untuk melaksanakan ketentuan dalam Direktif Ketujuh UE terhadap
laporan keuangan konsolidasi dan revisi lebih lanjut pada tahun 1999. Plan
Comptable General berisi:
a.
Tujuan
dan prinsip akuntansi seta pelaporan keuangan
b.
Definisi
aktiva, kewajiban, ekuitas pemegang saham, pendapatan dan beban
c.
Aturan
pengakuan dan penilaian
d.
Daftar
akun standar, ketentuan mengenai penggunaannya, dan ketentuan tata buku lainnya
e.
Contoh
laporan keuangan dan aturan penyajiannya
Ciri khusus akuntansi di Perancis adalah terdapatnya dikotomi
(pemisahan) antara laporan keuangan perusahaan secara tersendiri dengan laporan
keuangan kelompok usaha yang dikonsolidasikan.Meskipun akun-akun perusahaan
secara tersendiri harus memenuhi ketentuan pelaporan wajib, hukum memperbolehkan
perusahaan Perancis untuk mengikuti Standar Pelaporan Keuangan internasional.
Regulasi Dan Pelaksanaan Akuntansi
Lima organisasi utama yang terlibat dalam proses penetapan standar
di Prancis adalah :
1.
Counseil
National de la Comptabilite atau CNC (Badan Akuntansi Nasional)
2.
Comite
de la Reglemetation Comptable atau CRC (Komite Regulasi Akuntansi)
3.
Autorite
des Marches Financiers atau AMF (Otoritas Pasar Keuangan)
4.
Ordre
des Experts-Comtable atau OEC (Ikatan Akuntansi Publik)
5.
Compagnie
Nationale des Commisaires aix Comptes atau CNCC (Ikatan Auditor Kepatuhan
Nasional)
Di Perancis profesi akuntansi dan auditing sejak dahulu telah
terpisah.Akuntan dan auditor Perancis diwakili oleh kedua lembaga, yaitu OEC
dan CNCC, meski terdapat sejumlah orang yang menjadi anggota
keduannya.Sesungguhnya, 80% akuntan dengan kualifikasi di Perancis memiliki
kedua klasifikasi tersebut. Dua lembaga profesional memiliki hubungan dekat dan
bekerja sama untuk kepentingan bersama. Kedua terlibat dalam pengembangan
standar akuntansi melalui CNC dan CRC dan keduanya mewakili Perancis di IASB
Laporan Keuangan
Perusahaan Prancis harus melaporkan berikut ini :
1.
Neraca
2.
Laporan
laba rugi
3.
Catatan
atas laporan keuangan
4.
Laporan
direktur
5.
Laporan
auditor
Laporan keuangan seluruh perusahaan perseroaan dan perusahaan
dengan kewajiban terbatas lainnya yang melebihi ukuran tertentu harus diaudit.
Perusahaan besar juga harus menyiapkan dokumen yang terkait dengan pencegahan
kepailitan perusahaan dan laporan sosial, yang keduanya hanya terdapat di Perancis.Ciri
utama pelaporan di Perancis adalah ketentuan mengenai pengungkapan catatan kaki
yang ekstensif dan detail yang meliputi hal-hal berikut:
a.
Penjelasan
mengenai aturan pengukuran yang diberlakukan
b.
Perlakuan
akuntansi untuk pos-pos dalam mata uang asing
c.
Laporan
perubahan aktiva tetap dan depresiasi
d.
Detail
provisi
e.
Detail
revaluasi yang dilakukan
f.
Analisis
piutang dan utang sesuai masa jatuh tempo
g.
Daftar
anak perusahaan dan kepemilikan saham
h.
Jumlah
komitmen pensiun dan imbalan pasca kerja lainnya
i.
Detail pengaruh pajak terhadap laporan
keuangan
j.
Rata-rata
jumlah karyawan sesuai golongan
k.
Analisis
pendapatan menurut aktivitas dan geografis
Perusahaan-perusahaan
komersial harus memberikan laporan sementara per enam bulan. Di antara hal
lain, harus ada informasi yang diberikan untuk:
a.
Pemakaian
air, bahan baku, dan energi, dan tindakan yang diambil untuk meningkatkan
efisiensi energi.
b.
Aktivitas
untuk mengurangi polusi di udara, air atau tanah, termasuk polusi suara, dan
biayanya.
c.
Jumlah
penyisihan untuk risiko terkait di lingkungan.
Patokan
Akuntansi
Akuntansi
di Perancis memiliki karakteristik ganda: perusahaan secara tersendiri harus
mematuhi paraturan yang tetap, sedangkan kelompok usaha konsolidasi memiliki
fleksibilitas lebih besar. Akuntansi untuk perusahaan secara individual
merupakan dasar hukum untuk membagikan dividen dan menghitung pendapatan kena
pajak.Metode pembelian (purchase method) umumnya digunakan untuk mencatat
penggabungan usaha, namum metode penyatuan kepemilikan (pooling method) dapat
digunakan dalam beberapa kondisi.Muhibah (goodwill) umumnya dikapitalisasi dan
diamortisasi terhadap laba, namun tidak ditentukan berapa lama periode
amortisasi yang maksimum. Goodwill tidak perlu diuji untuk penurunan nilai
.Konsolidasi proporsional digunakan untuk usaha patungan dan metode ekuitas
digunakan untuk mencatat investasi pada perusahaan yang tidak dikonsolidasikan,
yang dapat dipengaruhi secara signifikan. Praktik translasi mata uang asing
sama dengan IAS 21. Aktiva dan kewajiban anak perusahan yang berdiri sendiri
ditranslasikan dengan menggunakam metode kurs penutupan (akhir tahun) dan
perbedaan translasi dimasukan ke dalam ekuitas.
Faktor Yang
Mempengaruhi Perkembangan Akuntansi
Sumber
Pendanaan
Pemberlakuan
pembatasan jenis pemberian dana yang dilakukan di Perancis sejak 1995 dengan
melarang sumbangan dari sektor publik dan perusahaan swasta atau sumbangan
asing dan tahun 2007.Komisi Nasional untuk Kampanye Politik (Commission
nationale des comptes de campagne et des financements politiques) antara lain
mengatur :
ü Pengeluaran maksimum ditetapkan sebesar 16,166 juta euro untuk
putaran pertama dan 21,594 juta euro untuk putaran kedua.
ü Pengeluaran bagi iklan kampanye politik di televisi dilarang.
ü Negara memberikan hibah yang beragam terhadap calon yang menang
lebih dari 5% suara di putaran pertama dengan jumlah maksimum 808.300 euro.
Sumber Hukum
Perancis
menggunakan sebuah sistem hukum sipil; yang berarti, hukum berasal terutama
dari peraturan tertulis; hakim tidak membuat hukum, tapi mengartikannya
(meskipun jumlah penerjemahan hakim dalam beberapa hal menjadikannya sama
dengan hukum kasus). Prinsip dasar peraturan hukum tercantum dalam Kode
Napoleon.Dalam perjanjian dengan prinsip Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Warga
Negara hukum seharusnya hanya mlarang aksi yang merugikan masyarakat. Seperti
Guy Canivet, presiden pertama Mahkamah Kasasi, menulis mengenai pengelolaan
penjara:
Kebebasan
adalah peraturan, dan larangannya adalan pengecualian; larangan kebebasan
apapun harus dibuat oleh Hukum dan harus mengikuti prinsip kewajiban dan
perbandingan. Berarti, Hukum harus mengeluarkan larangan hanya apabila
dibutuhkan, dan bila ketidaknyamanan disebabkan oleh larangan ini tidak
melebihi ketidaknyamanan yang diwajibkan larangan untuk pemulihan.Dalam praktik,
tentunya, ideologi ini sering gagal ketika hukum dibuat.
Hukum
Perancis terbagi menjadi dua bagian utama: hukum pribadi dan hukum umum. Hukum
pribadi meliputi, biasanya, hukum sipil dan hukum kriminal.Hukum umum meliputi,
hukum administratif dan hukum konstitusional. Tetapi, dalam praktik, hukum
Perancis terdiri dari tiga bagian utama: hukum sipil; hukum kriminal dan hukum
administratif. Perancis tidak mengakui hukum agama, ataupun pengakuan keyakinan
religius atau moralitas sebagai motivasi untuk penetapan larangan.Sebagai
konsekuensi, Perancis tidak lagi memiliki hukum pengumpatan atau hukum sodomi
(terakhir dihapus tahun 1791). Tetapi "serangan terhadap kesusilaan
umum" (contraires aux bonnes mÅ“urs) atau perusak perdamaian (trouble Ã
l'ordre public) telah digunakan untuk menekan kembali ekspresi publik atas
homoseksualitas atau prostitusi jalanan.Hukum hanya dapat digunakan pada masa
depan dan bukan masa lalu (hukum ex post facto dilarang); danharus
dilaksanakan, hukum harus secara resmi diterbitkan dalam Journal Officiel de la
République Française.
Perpajakan
Perpajakan
di Perancis ditentukan oleh anggaran tahunan suara oleh Parlemen Perancis, yang
menentukan jenis pajak (atau quasi-pajak) dapat dikenakan tarif dan yang dapat
diterapkan. Di Perancis, pajak dikenakan oleh pemerintah, dan dikumpulkan oleh
administrasi publik. Prancis "administrasi publik" yang terdiri dari
tiga institusi yang berbeda:
a.
Pemerintah
pusat
b.
Pemerintah
daerah
c.
Asosiasi
jaminan sosial
Mereka
yang dikenakan pajak adalah orang-orang berkedudukan di Perancis, yaitu
perorangan atau badan hukum, baik yang tinggal di Perancis, yaitu yang memiliki
rumah atau tempat tinggal utama mereka di Perancis; bekerja di Perancis;
memiliki pusat kepentingan ekonomi mereka di Perancis.
Ikatan Politik Dan
Ekonomi
Republik
Perancis adalah sebuah republik semi-presidensial uniter dengan tradisi
demokratis yang kuat. Konstitusi Republik Kelima disetujui melalui referendum
tanggal 28 September 1958.Sehingga memperkuat kewenangan eksekutif dengan
parlemen. Cabang eksekutif itu sendiri memiliki dua pemimpin: Presiden
Republik, yang merupakan Kepala Negara dan dipilih langsung oleh hak pilih
universal orang dewasa untuk jabatan selama 5 tahun (sebelumnya 7 tahun), dan
Pemerintah, dipimpin oleh Perdana Menteri yang ditunjuk presiden. Parlemen
Perancis adalah sebuah badan legislatif bikameral yang terdiri dari Majelis
Nasional (Assemblée Nationale) dan Senat.Deputi Majelis Nasional mewakili
konstituensi lokal dan terpilih langsung selama 5 tahun.Majelis memiliki kekuasaan
untuk membubarkan kabinet, dan mayoritas anggota Majelis menetapkan pilihan
pemerintah. Senator dipilih oleh dewan pemilih untuk jabatan 6 tahun
(sebenarnya 9 tahun), dan setengah kursi dimasukkan dalam pemilihan setiap 3
tahun yang dimulai pada September 2008. Kekuasaan legislatif Senat terbatas; dalam
penentangan antara kedua pihak, Majelis Nasional memiliki perkataan terakhir,
kecuali untuk hukum konstitusional dan lois organiques (hukum yang disediakan
langsung oleh konstitusi) dalam beberapa hal. Pemerintah memiliki pengaruh kuat
dalam pembentukan agenda Parlemen.
Politik
Perancis ditandai oleh dua pengelompokkan yang saling menentang secara politik:
pertama sayap kiri, dipusatkan di sekitar Partai Sosialis Perancis, dan lainnya
sayap kanan, sebelumnya dipusatkan pada Rassemblement pour la République (RPR)
dan sekarang Persatuan untuk Gerakan Rakyat (UMP). Cabang eksekutif kebanyakan
terdiri dari anggota UMP. Sedangkan untuk ekonomi Perancis menggabungkan
perusahaan pribadi ekstensif (hampir 2.5 perusahaan terdaftar) dengan
intervensi pemerintah (lihat dirigisme) substansial (meskipun menurun).
Pemerintah mempertahankan pengaruh terhadap bagian penting dalam sektor
infrastruktur, dengan kepemilikan mayoritas atas firma rel kereta api, listrik,
pesawat terbang, dan telekomunikasi. Telah mengendurkan kontrolnya secara
bertahap sejak awal 1990-an. Pemerintah perlahan-lahan menjual saham di France
Télécom, Air France, juga industri asuransi, perbankan, dan pertahanan.
Sebuah
anggota grup negara industri maju G8, Perancis menempati peringkat ekonomi
terbesar kelima atau keenam menurut PDB nominal yang bergantung pada
sumbernya.Perancis bergabung dengan 11 anggotaUE lainnya untuk meluncurkan euro
pada tanggal 1 Januari 1999, dengan koin dan uang kertas euro yang menggantikan
franc Perancis (₣) pada awal 2002. Menurut OECD, tahun 2004 Perancis adalah
pengekspor barang manufaktur terbesar kelima di dunia dan pengimpor terbesar
keempat di dunia. Tahun 2003, Perancis adalah penerima investasi langsung asing
terbesar ke-2 di antara negara OECD dengan nilai $47 miliar, setelah Luksemburg
(dimana investasi langsung asing adalah transfer uang ke bank yang terletak di
negara itu) tapi di atas Amerika Serikat ($39.9 miliar), Britania Raya ($14.6
miliar), Jerman ($12.9 miliar), atau Jepang ($6.3 miliar). Pada tahun yang
sama, perusahaan Perancis menginvestasikan $57.3 miliar di luar Perancis,
menempatkan Perancis sebagai investor langsung luar terpenting kedua di OECD,
setelah Amerika Serikat ($173.8 miliar), dan di atas Britania Raya ($55.3
miliar), Jepang ($28.8 miliar) dan Jerman ($2.6 miliar).
Dalam
edisi 2005 OECD in Figures, OECD juga mencatat bahwa Perancis memimpin negara
G7 menurut produktivitas (diukur sebagaimana PDB per jam bekerja).Tahun 2004,
PDB per jam yang bekerja di Perancis adalah $47.7, di atas Amerika Serikat
($46.3), Jerman ($42.1), Britania Raya ($39.6), atau Jepang ($32.5).Selain
jumlah yang menunjukkan produktivitas per jam yang bekerja lebih tinggi
daripada di AS, PDB per kapita Perancis lebih rendah dari PDB per kapita AS,
menjadi dapat dibandingkan dengan PDB per kapita negara Eropa lainnya, yang
rata-rata 30% di bawah AS. Alasannya adalah bahwa banyak persentase kecil
penduduk Perancis yang bekerja bila dibangingkan dengan AS, yang PDB per kapitanya
lebih rendah dari Perancis, karena produktivitasnya yang tinggi.Faktanya,
Perancis memiliki salah satu persentase terendah penduduk berusia 15-64 tahun
yang bekerja di antara negara OECD.Tahun 2004 68.8% penduduk Perancis berusia
15-64 tahun bekerja, bila dibandingkan dengan 80.0% di Jepang, 78.9% di
Britania, 77.2% di AS, dan 71.0% di Jerman. Fenomena ini disebabkan oleh hampir
tiga puluh tahun pengangguran massal di Perancis, yang membawa kepada tiga
masalah yang mengurangi ukuran penduduk yang bekerja: sekitar 9% penduduk aktif
tidak memiliki pekerjaan; siswa menunda selama mungkin masuknya mereka ke dalam
pasaran buruh; dan terakhir, pemerintah Perancis memberi berbagai insentif
kepada pekerja untuk pensiun pada awal usia 50 tahunan, meskipun semakin
dikurangi.
Sementara
banyak ahli ekonomi mengungkapkan kekecewaannya sepanjang tahun, masalah utama
dengan ekonomi Perancis bukanlah produktivitas.Menurut pendapat mereka, yang
utama adalah reformasi struktural, untuk meningkatkan ukuran penduduk yang
bekerja dari seluruh penduduk.Ahli ekonomi Liberal dan Keynesian memiliki
jawaban berbeda mengenai masalah itu. Jam kerja yang rendah dan keseganan
pembentukan kembali pasar buruh dianggap sebagai titik lemah ekonomi Perancis
dalam pandangan sayap kanan dan jarangnya kebijakan pemerintah yang menetapkan
keadilan sosial menurut sayap kiri. Usaha pemerintah terbaru adalah
menyesuaikan pasar buruh muda, mengurangi pengangguran, telah ditentang secara
penuh. Dengan 81.9 juta turis asing tahun 2007, Perancis menempati peringkat
pertama sebagai tujuan turis terbaik di dunia, di atas Spanyol (58.5 juta tahun
2006) dan Amerika Serikat (51.1 juta tahun 2006). Jumlah 81.9 juta ini tidak
termasuk orang yang menetap kurang dari 24 jam di Perancis, seperti orang Eropa
Utara yang melintasi Perancis dalam perjalanan ke Spanyol atau Italia selama
Musim Panas. Perancis memiliki kota berbudaya tinggi (Paris menjadi yang
utama), pantai dan resor tepi laut, resor ski, dan wilayah pedesaan yang
dinikmati untuk keindahan dan kenyamanannya (pariwisata hijau). Disamping
pariwisata biasa Perancis menarik berbagai peziarah religius ke Lourdes, sebuah
kota di département Hautes-Pyrénées, yang dikunjungi beberapa juta turis per
tahun. Situs pariwisata terkenal meliputi: (menurut peringkat pengunjung[20]
per tahun pada tahun 2003): Menara Eiffel (6.2 juta), Museum Louvre (5.7 juta),
Istana Versailles (2.8 juta), Musée d'Orsay (2.1 juta), Arc de Triomphe (1.2
juta), Centre Pompidou (1.2 juta), Mont-Saint-Michel (1 juta), Château de Chambord
(711.000),Sainte-Chapelle (683.000), Château du Haut-Kœnigsbourg (549.000), Puy
de Dôme (500.000), Musée Picasso (441,000), Carcassonne (362.000).
Perancis
memiliki industri angkasa penting yang dipimpin oleh konsorsium Eropa Airbus,
dan bersama Swedia menjadi satu-satunya kekuatan Eropa (tak termasuk Rusia)
yang memiliki pelabuhan antariksa nasional pribadi (Centre Spatial
Guyanais).Perancis juga negara Barat yang paling independen energinya karena
investasi besar dalam tenaga nuklir (tenaga nuklir di Perancis), yang juga
membuat Perancis produsen paling sedikit karbon dioksida di antara tujuh negara
industri di dunia. Sebagai hasil investasi besar dalam teknologi nuklir, banyak
listrik yang diproduksi di negara itu dibangkitkan oleh pembangkit tenaga nuklir
(78.1% pada 2006, meningkat dari 8% tahun 1973, 24% tahun 1980, dan 75% tahun
1990).
Tanah
subur yang banyak, pembuatan teknologi modern, dan subsidi UE telah bergabung
untuk menjadikan Perancis produsen dan pengekspor hasil pertanian terdepan di
Eropa. Gandum, unggas, susu, daging, dan babi, juga industri pangan dan anggur
yang diakui adalah ekspor pertanian utama Perancis. Subsidi agrikultur UE ke
Perancis hampir mencapai $14 miliar. Sejak akhir Perang Dunia Kedua pemerintah
melakukan usaha untuk berintegrasi dengan Jerman, secara ekonomi dan politik.
Hari ini kedua negara membentuk apa yang disebut sebagai negara
"inti" untuk integrasi lebih besar ke Uni Eropa.
Inflasi
Laju
inflasi di Perancis tercatat sebesar 0,60 persen pada
Maret 2014. Laju Inflasi diPerancis dilaporkan oleh INSEE
Perancis. Laju Inflasi di Perancis rata rata 4,71 Persen dari
tahun 1958 hingga 2014, mencapai tertinggi sepanjangwaktu 18,80 Persen di bulan
April 1958 dan rekor rendah -0,70 Persen pada bulan
Juli 2009. Harga tahunan konsumen Perancis melambat pada
bulan Maret 2014 menjadi 0,6 persen, tingkat terendah
sejak Oktober tahun lalu. Pada basis bulanan, harganaik 0,4
persen, turun dari 0,6 persen pada
Februari.Tahun-ke-tahun,hargaproduk minyak
bumi menurun 6 persen dan biaya makanan
segar turun 3,3persen karena pasokan didorong oleh kondisi
cuaca yang menguntukan dalam beberapa bulan terakhir Harga produkmedis turun 3 persen,
biaya energi turun 1,6 persen dan harga dari produk
yang diproduksi dikontrak 0,8 persen. Tekananke atas terbesar
berasal dari biaya tembakau (+7 persen ) dan harga
jasa (1,8persen). Seperti pada bulan
Februari, kenaikan CPI pada bulan Maret berasal
daripemulihan harga produk yang diproduksi setelah
periode penjualan, terutama dari dampaknya terhadap pakaian
dan harga alas kaki, dan
dari tekananmusiman harga layanan yang dihubungkan dengan
periode liburan musim dingin.Di sisi lain, harga energi dan
harga pangan, menunjukkan tren menurun dengan cara
yang lebih rendah.
Tingkat
Perkembangan Ekonomi
Perancis
menempati peringkat ekonomi terbesar kelima atau
keenam menurutPDB nominal yang bergantung pada sumbernya.Perancis
bergabung dengan 11 anggotaUE lainnya
untuk meluncurkan euro pada tanggal 1 Januari 1999,
dengankoin dan uang kertas euro yang
menggantikan franc Perancis (₣) pada awal 2002. Menurut OECD,
tahun 2004 Perancis adalah pengekspor barang manufaktur terbesar kelima di
dunia dan pengimpor terbesar keempat di dunia. Tahun 2003, Perancis adalah
penerima investasi langsung asing terbesar ke-2 di antara negara OECD
dengan nilai $47 miliar, setelah Luksemburg (dimana investasi langsung
asing adalah transfer uang ke bank yang terletak di negara itu) tapi di atas
Amerika Serikat ($39.9 miliar), Britania Raya ($14.6 miliar), Jerman ($12.9
miliar), atau Jepang ($6.3 miliar). Pada tahun yang sama, perusahaan Perancis
menginvestasikan $57.3 miliar di luar Perancis, menempatkan Perancis sebagai
investor langsung luar terpenting kedua di OECD, setelah Amerika Serikat
($173.8 miliar), dan di atas Britania Raya ($55.3 miliar), Jepang ($28.8
miliar) dan Jerman ($2.6 miliar).
Dalam
edisi 2005 OECD in Figures, OECD juga mencatat bahwa Perancis memimpin
negara menurut produktivitas (diukur sebagaimana PDB per jam
bekerja).Tahun 2004, PDB per jam yang bekerja di Perancis adalah $47.7, di atas
Amerika Serikat ($46.3), Jerman ($42.1), Britania Raya ($39.6), atau Jepang
($32.5). Selain jumlah yang menunjukkan produktivitas per jam yang bekerja
lebih tinggi daripada di AS, PDB per kapita Perancis lebih rendah dari PDB per
kapita AS, menjadi dapat dibandingkan dengan PDB per kapita negara Eropa
lainnya, yang rata-rata 30% di bawah AS. Alasannya adalah bahwa banyak
persentase kecil penduduk Perancis yang bekerja bila dibangingkan dengan AS,
yang PDB per kapitanya lebih rendah dari Perancis, karena produktivitasnya yang
tinggi.Faktanya, Perancis memiliki salah satu persentase terendah penduduk
berusia 15-64 tahun yang bekerja di antara negara OECD. Tahun 2004 68.8% penduduk
Perancis berusia 15-64 tahun bekerja, bila dibandingkan dengan 80.0% di Jepang,
78.9% di Britania, 77.2% di AS, dan 71.0% di Jerman.[19] Fenomena ini
disebabkan oleh hampir tiga puluh tahun pengangguran massal di Perancis, yang
membawa kepada tiga masalah yang mengurangi ukuran penduduk yang bekerja:
sekitar 9% penduduk aktif tidak memiliki pekerjaan; siswa menunda selama
mungkin masuknya mereka ke dalam pasaran buruh; dan terakhir, pemerintah
Perancis memberi berbagai insentif kepada pekerja untuk pensiun pada awal usia
50 tahunan, meskipun semakin dikurangi. Sementara banyak ahli ekonomi
mengungkapkan kekecewaannya sepanjang tahun, masalah utama dengan ekonomi
Perancis bukanlah produktivitas.Menurut pendapat mereka, yang utama adalah
reformasi struktural, untuk meningkatkan ukuran penduduk yang bekerja dari
seluruh penduduk.
Ahli ekonomi Liberal danKeynesian memiliki jawaban
berbeda mengenai masalah itu. Jam kerja yang rendah dan keseganan pembentukan
kembali pasar buruh dianggap sebagai titik lemah ekonomi Perancis dalam
pandangan sayap kanan dan jarangnya kebijakan pemerintah yang
menetapkan keadilan sosial menurut sayap kiri. Usaha pemerintah terbaru
adalah menyesuaikan pasar buruh muda, mengurangi pengangguran, telah ditentang
secara penuh. Dengan 81.9 juta turis asing tahun 2007,Perancis menempati
peringkat pertama sebagai tujuan turis terbaik di dunia, di
atas Spanyol (58.5 juta tahun 2006) danAmerika Serikat (51.1
juta tahun 2006). Jumlah 81.9 juta ini tidak termasuk orang yang menetap kurang
dari 24 jam di Perancis, seperti orang Eropa Utara yang melintasi Perancis
dalam perjalanan ke Spanyol atau Italia selama Musim Panas. Perancis memiliki
kota berbudaya tinggi (Paris menjadi yang utama), pantai dan resor tepi
laut, resor ski, dan wilayah pedesaan yang dinikmati untuk keindahan dan
kenyamanannya (pariwisata hijau). Disamping pariwisata biasa Perancis menarik
berbagai peziarah religius ke Lourdes, sebuah kota di département
Hautes-Pyrénées, yang dikunjungi beberapa juta turis per tahun. Situs pariwisata
terkenal meliputi: (menurut peringkat pengunjung per tahun pada tahun
2003): Menara Eiffel (6.2 juta), Museum Louvre (5.7
juta), Istana Versailles (2.8 juta), Musée d'Orsay (2.1
juta), Arc de Triomphe (1.2 juta),Centre Pompidou (1.2
juta), Mont-Saint-Michel (1 juta), Château de
Chambord(711.000),Sainte-Chapelle (683.000), Château du
Haut-Kœnigsbourg (549.000),Puy de Dôme (500.000), Musée Picasso (441,000), Carcassonne (362.000).
Tingkat
Pendidikan
Di
awal abad ke-9, kaisar Charlemagne meminta semua gereja memberi pelajaran
membaca, menulis dan aritmatika dasar di paroki-parokinya, dan katedral memberi
pendidikan lebih tinggi terhadap seni bahasa, fisika, musik dan teologi. Paris
telah menjadi salah satu kota katedral besar Perancis dan mulai terkenal
sebagai pusat pendidikan. Pada awal abad ke-13 sekolah katedral Notre-Dame ÃŽle
de la Cité memiliki banyak guru terkenal, dan pengajaran kontroversial yang
menyebabkan pendirian Universitas Sainte-Genevieve Tepi Kiri yang kemudian
menjadi pusat pendidikan terbaik di Distrik Latin Paris yang diwakili oleh
universitas Sorbonne.
Dua
puluh tahun kemudian, pendidikan di Paris dan region Paris (région
ÃŽle-de-France) mempekerjakan sekitar 330.000 orang, 170.000 di antaranya guru
dan profesor yang mengajar 2.9 juta anak dan mahasiswa di sekitar 9.000 sekolah
dan institusi pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Paris adalah rumah bagi
beberapa SMA terkenal seperti Lycée Louis-le-Grand dan Lycée Henri-IV. SMA lain
yang terkenal secara internasional di Paris adalah Lycée International de Saint
Germain-en-Laye dan École Active Bilingue Jeannine Manuel. Pada tahun ajaran
2004-2005, 27 universitas umum Region Paris, dengan 359.749 mahasiswa
terdaftar, adalahkonsentrasi mahasiswa universitas terbesar di Eropa. Grandes
écoles dan sekolah pribadi dan umum independen universitas memiliki 240.778
siswa tambahan, yang kemudian dengan mahasiswa universitas membuat jumlah
600.527 siswa pada pendidikan tingkat tinggi tahun itu.Universitas Katedral
Notre-Dame adalah pusat pendidikan tingkat tinggi pertama sebelum pendirian
Universitas Paris. Universitas dibuat oleh Raja Philip Augustus tahun 1200,
sebagai bentuk pemberian terhadap guru (dan muridnya) hak mengatur diri sendiri
terbebas dari hukum dan pajak kerajaan.Pada waktu itu, banyak kelas
terbuka.Siswa dan guru non-Paris dapat menetap di hostel, atau "perguruan
tinggi" yang didirikan untuk boursiers datang dari jauh.Telah terkenal
sejak abad ke-13, Universitas Paris memiliki siswa dari seluruh Eropa.pusat
pendidikan Rive Gauche Paris, disebut "Distrik Latin" ketika kelas
diajarkan dalam bahasa Latin, berkumpul kembali di sebuah perguruan tinggi yang
didirikan oleh Robert de Sorbon tahun 1257, Collège de Sorbonne. Universitas
Paris pada abad ke-19 memiliki enam fakultas: hukum, sains, kesehatan,
farmaseutikal, literatur dan teologi. Setelah kerusuhan siswa 1968, terdapat
pembentukan ulang Universitas Paris, dalam usaha memecahkan badan siswa
terpusat itu.Tahun berikutnya, Universitas Paris terpecah menjadi tiga belas
universitas otonomi ("Paris I" hingga "Paris XIII")
tersebar di Kota Paris dan pinggirannya.Setiap universitas mewarisi beberapa
departemen Universitas Paris, dan bukan universitas umum. Paris I, II, IV, dan
X, mewarisi Sekolah Hukum; Paris V mewarisi Sekolah Kesehatan; Paris VI dan VII
mewarisi departemen ilmiah; dll.
Tahun
1991, empat universitas lain didirikan di pinggiran Paris, mencapai total tujuh
belas universitas umum untuk région (Île-de-France). Universitas baru tersebut
diberikan nama (berdasarkan nama pinggiran kota tempat mereka berdiri) dan
bukan nomor seperti tiga belas universitas sebelumnya: Universitas
Cergy-Pontoise, Universitas Évry Val d'Essonne, Unviersitas Marne-la-Vallée dan
Universitas Versailles Saint-Quentin-en-Yvelines. Institusi lainnya meliputi
Pusat Pembelajaran Internasional Universitas Westminster, Universitas Amerika
Paris, dan Sekolah Bisnis Amerika Paris.Juga terdapat Institut Universitas
London di Paris (ULIP) yang memberikan derajat dibawah lulus dan telah lulus
dalam Pembelajaran Perancis yang diratifikasi Universitas London.
Orang
perancis terkenal sangat dingin dan arogan. Salah satu cara menghadapi hal ini
adalah “parlez franVais“(bicara dengan bahasa Prancis-red). Penduduk perancis
cenderung memiliki anggapan bahwa orang Amerika terlalu ramah. Di perancis,
anda akan lebih dihargai jika anda mampu bersikap lebih tenang bahkan sampai
ditaraf yang cenderung dingin baik dalam tindakan maupun dalan ucapan. Orang
perancis cenderung menganggap sikap ramah yang terbuka sebagai hal yang tidak
baik dan kurang menyenangkan.Di restoran perancis porsi yang disajikan lebih
sedikit dibandingkan di negara-negara lain dan jika dilihat dari postur
tubuhnya orang perancis berbadan agak kecil, hal ini mungkin juga dipengaruhi
oleh porsi makan mereka yang hanya seidkit.Ketika makan orang perancis selalu
makan menggunakan garpu dan pisau, tanpa sendok.Sendok hanya digunakan untuk
minum sop.Kebanyakan orang perancis lebih menyukai daging daripada
ikan.Kebiasaan orang perancis yang perlu diketahui bahwa sehabis makan selalau
minum kopi.Minum kopi rat-rata dua kali sehari yaitu pagi dan sore. Itulah
sebabnya deretan yang paling banyak di sepanjang jalanan di paris terdapat café
atau tempat minum.
Perancis
memiliki skor Individualism yang tinggi.Mereka respek pada kebebasan serta
tanggung jawab individu dan berpandangan bahwa segala sesuatu haruslah
diperjuangkan sendiri, dan harus melakukan segala pekerjaannya dengan sungguh
sungguh sebagai perwujudan dari perjuangan individualismenya. Patut digarisbawahi
bahwa Individualism tidaklah sama dengan mementingkan diri sendiri atau egois,
namun Individualism fokus pada tanggung jawab serta hak dan kewajiban individu.
Penguji ..... jayachandra fadhlan
BalasHapusNegara ...... Indonesia
W / S ......... + 62 821-3272-6591
Facebook ..... jayachandra fadhlan
email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)
Nama saya jayachandra fadhlan,
dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, ada begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih atas hasil kerja keras Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta tetap saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menjadi buruk karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSOTIK. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang disetujui oleh pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya diperbolehkan, dan memungkinkan ini membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya membutuhkan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lain untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Terima kasih lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.
Perusahaan ..... Karina Elena Roland perusahaan pinjaman
W / S .......... + 1 (585) -708-3478
Facebook .... Elena karina Roland
email ......... (karinarolandloancompany@gmail.com)