Minggu, 04 Desember 2016

Identitas Nasional



A.  Pengertian Identitas Nasional
Istilah identitas nasional dapat disamakan dengan identitas kebangsaan. Secara etimologis, identitas nasional berasal dari kata “identitas” dan ”nasional”. Kata identitas berasal dari bahasa Inggris identity yang memiliki pengertian harfiah; ciri, tanda atau jati diri yang melekat pada seseorang, kelompok atau . sesuatu sehingga membedakan dengan yang lain.
Olehkarena itu, identitas nasional dapat diartikan sebagai kepribadian nasional, yang diambil dari bahasa inggris yaitu national identity. Kepribadian nasional atau jatidiri nasional adalah jatidiri yang telah dimiliki suatu bangsa, yang juga diadopsi dari nilai-nilai budaya dan nilai-nilai agama yang telah diyakini bangsa tersebut tentang kebenarannya, atau juga Istilah Identitas Nasional adalah suatu ciri yang dimiliki oleh suatu bangsa yang secara filosofis membedakan bangsa tersebut dengan bangsa lain.
B.  Unsur-unsur Pembentuk Indentitas Nasional
Berikut ini adalah unsur-unsur yang merupakan pembentuk dari identitas nasional, anatara lain:
a)      Sejarah                                   d) Agama       
b)      Kebudayaan                          e) Bahasa
c)      Suku Bangsa                         f)  Kasta dan Kelas
C.  Identitas Nasional Indonesia
Salah satu identitas yang telah melekat pada Negara Indonesia adalah keBinneka Tunggal Ika. Ungkapan Binneka Tunggal Ika dalam lambang nasional terletak pada simbol burung garuda dengan lima simbol yang mewakili sila-sila dalam dasar Negara Pancasila. 
            Beberapa bentuk identitas nasional Indonesia, adalah sebagai berikut:
1. Bahasa Nasional atau Bahasa Persatuan yaitu Bahasa Indonesia
2. Bendera negara yaitu Sang Merah Putih
3. Lagu Kebangsaan yaitu Indonesia Raya
4. Lambang Negara yaitu Pancasila
5. Semboyan Negara yaitu Bhinneka Tunggal Ika
6. Dasar Falsafah negara yaitu Pancasila
7. Konstitusi (Hukum Dasar) negara yaitu UUD 1945
8. Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat
9. Konsepsi Wawasan Nusantara
10. Kebudayaan daerah yang telah diterima sebagai Kebudayaan Nasional.
D. Faktor-Faktor Pendukung Kelahiran Identitas Nasional
 Faktor-faktor yang mendukung kelahiran identitas nasional bangsa Indonesia meliputi: a. Faktor Objektif, yang meliputi faktor geografis-ekologis dan demografis, b. Faktor Subjektif, yaitu faktor historis, sosial, politik, dan kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia (Suryo, 2002) .
Menurut Robert de Ventos, munculnya identitas nasional suatu bangsa sebagai hasil interaksi historis ada 4 faktor penting, yaitu: a. Faktor primer, mencakup etnisitas, territorial, bahasa, agama, dan yang sejenisnya. b. Faktor pendorong, meliputi pembangunan komunikasi dan teknologi,lahirnya angkatan bersenjata modern dan pembanguanan lainnya dalam kehidupan bernegara. c. Faktor penarik, mencakup modifikasi bahasa dalam gramatika yang resmi, tumbuhnya birokrasi,dll d. Faktor reaktif, perkembangan dari masa sebelum bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan dari penjajahan bangsa lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Danau Tanralili ( Surga Di Kaki Gunung Bawakaraeng)

Sumb er: Dokum entasi Pribadi M e nd e ngar kata Gunung Bawakara e ng s e kilas akan t e rlintas angan t e ntang k e tinggian dan huta...