Minggu, 04 Desember 2016

Produk Sistem Enterprise Resource Planning (ERP)



SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP)
Suatu sistem yang mengintegrasikan semua aspek aktivitas organisasi seperti akuntansi, keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, manufaktur, manajemen persediaan ke dalam satu sistem. Sistem ERP termodulasi; perusahaan dapat membeli setiap modul yang memenuhi kebutuhan khusus mereka. ERP memfasilitasi arus informasi antara berbagai fungsi bisnis perusahaan dan mengelola komunikasi dengan para pemangku kepentingan di luar.

MACAM-MACAM SOFTWARE ERP
1.      SAP AG
Awalnya, SAP hanya berkecimpung di dunia ERP (awalnya MRP) yang sangat erat kaitannya dengan intern produksi dalam perusahaan. Namun perkembangan bertambah pesat, dan cakupan SAP telah meluas (dapat dikatakan ERP-II) karena bisa diintegrasikan dengan Advanced Planner and Optimizer (APO), Business Information Warehouse (BW), Customer Relationship Management (CRM), Supply Chain Management (SCM), Supplier Relationship Management (SRM), Human Resource Management Systems (HRMS), Product Lifecycle Management (PLM), Exchange Infrastructure (XI), Enterprise Portal (EP) dan SAP Knowledge Warehouse (KW).
a)      Negara Asal
SAP AG adalah perusahaan penyedia dan konsultan software yang didirikan di Jerman pada tahun 1972 oleh 5 orang bekas karyawan IBM. SAP adalah singkatan dari Systeme, Andwendungen, Produkte in der Datenverarbeitung yang kemudian di terjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai Systems, Applications, Products in Data Processing.
b)      Jenis Produk
1.       My SAP Business Suite
Atau yang lebih dikenal dengan nama R/3. Merupakan produk utama dan pertama dari SAP. Sudah memiliki ratusan customer yang merupakan korporasi di seluruh dunia. Untuk mengimplementasikan produk yang satu ini, anda perlu meluangkan investasi min US$ 500.000, waktu implementasi min 1 thn,
2.      My SAP All-in-One, Atau A1
        Merupakan turunan dari R/3 yang sudah memiliki best practice dari industri vertical tertentu (mis: trading, distribusi, manufacture, building management, etc.) Untuk mengimplementasikan produk yg satu ini, persiapkan investasi sebesar min US$ 150.000, dengan waktu implementasi min 6 bln, serta team IT yg solid & capable.
3.      My SAP Business One atau B1
Merupakan produk paling ekonomis dari SAP. Investasinya berkisar dari US$ 30.000 - 100.000 dengan waktu implementasi mulai 20 man days.
c)      Pengguna SAP

1.      PT Abacus Distribution Systems Indonesia,
2.      AJBS Swalayan
3.      American Standard
4.      PT. Amoco Mitsui
5.      PT Aneka Gas Industri,
6.      PT Anugerah Pharmindo Lestari,
7.      PT.Apac Inti Corpora
8.      Arun NGL
9.      PT.Astra Daihatsu Motor, PT
10.  PT.Astra Graphia Tbk.
11.  PT.Astra Honda Motor
12.  PT.Astra International Tbk.
13.  PT.Astra Otoparts
14.  PT.Bagusnusa Setia Gemilang
15.  PT.Bakrie KaseiCorporation
16.  Bakrie Telecom
17.  Bank Mandiri
18.  Bank Niaga
19.  Bank Permata
20.  Bank Permata Cab. Bintaro Jaya
21.  PT.Bank Central Asia Tbk.
22.  Bank Danamon
23.  PT.Bank Rakyat Indonesia,
24.  PT.Berlian Sistem Informasi,
25.  BHP Coated Steel Indonesia
26.  Blue Bird Group
27.  PT.BMW Indonesia,
28.  Bukaka SingTel International
29.  Charoen Pokphand Group Indonesia
30.  CMNP
31.  CNOOC SES BV
32.  PT.Cognis Indonesia,
33.  PT.Combiphar,
34.  Conoco Indonesia Inc.
35.  PT.DaimlerChrysler Indonesia,
36.  PT.Delta Djakarta,
37.  PT.Domusindo Perdana,
38.  Dynamitra Tarra
39.  PT.Dystar Colours Indonesia,
40.  PT. Essar Dhananjaya,
41.  PT.Excelcomindo Pratama,
42.  Exspan Nusantara
43.  PT.Federal Motor,
44.  PT.Fuchs Indonesia,
45.  PT.Garuda Indonesia,
46.  PT.Goodyear Indonesia,
47.  PT.Indah Kiat Pulp & Paper,
48.  PT.Indofood Sukses Makmur Tbk
49.  PT.Indosat,
50.  PT.Intikeramik Alamasri,
51.  PT.Intraco Penta Tbk.,
52.  PT.Japfa Comfeed Indonesia,
53.  PT.Kao Indonesia Chemical,
54.  PT.Kao Indonesia,
55.  PT.Krakatau Steel,
56.  PT.Mandara Medika Utama,
57.  PT.Mayora Indah,
58.  PT.Mekar Armada Jaya,
59.  PT.Mitra Integrasi Informatika,
60.  PT.Panen Lestari Internusa, PT
61.  PT.Pramindo Ikat Nusantara,
62.  PLN, Persero
63.  PT.Rajawali Corporation,
64.  Sari Roti
65.  PT.Serasi Auto Raya,
66.  PT.Sayap Mas,
67.  PT.Siemens Indonesia,
68.  PT.Smart Corporation,
69.  PT.Tempo Data System,
70.  PT.Tiara Marga Trakindo,
71.  PT.Toyota Astra Motor,
72.  Trisula Textile Industries,
73.  PT.United Tractors,
74.  PT.Ultrajaya Milk Industry,
75.  PT.Wicaksana Overseas International Tbk.
76.  Zyrex


2.      ORACLE

Pada awalnya Oracle adalah perusahaan pengembang aplikasi database software yang dapat digunakan untuk mengembangkan sistem informasi dengan basis data terpusat. Dan Hingga saat ini produk Database Oracle masih merupakan database terbaik dan dipakai oleh hampir semua produk ERP.
Oracle adalah aplikasi database yang pertama kali mengadopsi SQL (structure query language) yang menjadi standar bahasa bagi berbagai DBMS (data base management system) modern.


a)      Negara Asal
Perusahaan Oracle didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1977 oleh tiga orang programmer, Bob Miner, Ed Oates, dan Larry Ellison yang menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer) selama beberapa tahun sampai saat ini. Perusahaan ini berkonsentrasi pada pembuatan database server di mainframe.
b)      Jenis Produk
1.      ORACLE Annual Technical Support for Database SEO Software Database Licensing
Merupakan tipe lisensi, dengan model kepemilikan langganan 1 tahun, diperuntukkan kepada Korporasi. Dengan harga Rp 421,134.
    1. ORACLE Annual Technical Support for Database SE Software Database Licensing
Merupakan tipe lisensi, dengan model kepemilikan langganan 1 tahun, diperuntukkan kepada Korporasi. Dengan harga Rp 818,872.
Merupakan tipe lisensi, dengan model kepemilikan perpetual/hak pakai selamanya. Diperuntukkan kepada korporasi. Dengan harga Rp.1.914.245
Merupakan tipe lisensi, dengan model kepemilikan perpetual/hak pakai selamanya. Diperuntukkan kepada korporasi. Dengan harga Rp 10,102,956
Model kepemilikan langganan 1 tahun.Untuk korporasi, dengan harga
    1. ORACLE Annual Technical Support for Processor Database SE Software Database Licensing
Harga Rp 40,943,557 . Dengan model kepemilikan langganan 1 tahun, diperuntukkan kepada korporasi.
    1. ORACLE Processor Database SE Software Database Licensing
Harga Rp 186,107,075 , dengan model kepemilikan Perpetual/Hak Pakai Selamanya, untuk korporasi.
    1. ORACLE Processor Database EE Software Database Licensing
Harga Rp 505,147,777 dengan model kepemilikan Perpetual/Hak Pakai Selamanya, untuk korporasi.
c)      Pengguna ORACLE
Asia Pasifik Dari Indonesia, perusahaan-perusahaan yang memilih Oracle antara lain  Columbindo Perdana, GT Petrochem, PT Bukit Jaya Abadi, serta Wonokoyo Group. Sedangkan di Malaysia seperti Dynacraft Industries, LKT Industrial Bhd, Malaysia Airlines, Malaysian Flour Mills, Penfabric Sdn Bhd, Pharmaniaga Bhd, dan Port of Tanjung Pelepas. Kemudian dari Filipina dengan Gardenia Bakeries Philippines Inc, KSK Food Products, serta Multi-Media Exponents. Dari India, Maruti Udyog Limited, Suguna Poultry Products, dan WNS Global Services. Sedangkan di Cina, pengguna Oracle didominasi oleh perusahaan yang bergerak di perbankan seperti China Development Bank, First Bank, Shenzhen Development Bank. Ada juga beberapa perusahaan lain seperti DTAC (Thailand), McGuigan Simeon Wines (Australia), dan Skellerup Industries Ltd (New Zealand).
Amerika Utara Sedangkan di lingkup Amerika Utara, perusahaan solusi-solusi untuk binatang peliharaan yang berbasis di Amerika Serikat, Radio Systems Corp adalah salah satu klien Oracle. Selanjutnya ada pembuatan derek layanan dan lift pembuangan, Venturo/Venco Manufacturing Inc. Termasuk dalam organisasi-organisasi Amerika Utara lain adalah Dantzler, Minnkota Power Cooperative Inc dan Sensient Technologies Corporation.
Amerika Latin Di wilayah Amerika Latin, pelanggan Oracle terbiling lebih sedikit dibandingkan dengan wilayah lainnya. Klien Oracle hanya perusahaan pengimpor daging dingin ke 23 negara bagian Meksiko, serta perusahaan pengepakan film plastik Empacadora Celaya S.A. de C.V. Votocel dari Argentina.
Eropa, Timur Tengah, Afrika Termasuk dalam perusahaan-perusahaan di wilayah Eropa, Timur Tengah, serta Afrika yang mengimplementasikan Oracle adalah penyedia Electronic Manufacturing Services (EMS), GDS Electronics, perusahaan listrik asal Prancis Electricite de France (EDF), perusahaan manufaktur plastik bernama Inter Primo (beroperasi di Skandinavia, Jerman, Polandia dan Inggris), serta perusahaan konstruksi yang berbasis di Arab Saudi, Saudi Oger.
3.      PEOPLE SOFT
Pada awalnya PeopleSoft adalah pengembang aplikasi software untuk manajemen SDM dan akunting. Seiring dengan perkembangan pengalamannya memberikan solusi penerapan sistem informasi kepada para kliennya, perusahaan yang didirikan pada tahun 1987 tersebut kemudian meningkatkan ruang lingkup produknya hingga ke setiap aspek unit bisnis. Sama seperti JD. Edwards, PeopleSoft mengembangkan aplikasi ERP-nya dengan konsep arsitektur terbuka.
a)      Negara Asal
Didirikan pada tahun 1987 oleh David Duffield dan Ken Morris, PeopleSoft awalnya berkantor pusat di Walnut Creek, California sebelum pindah ke Pleasanton, California. Duffield membayangkan sebuah client-server Sistem Integral versi 'paket HRMS mainframe populer. Setelah Integral menolak pembangunan, Duffield dirilis untuk melanjutkan upaya ini sendiri, dan PeopleSoft dilahirkan. PeopleSoft versi 1, dirilis pada akhir tahun 1980-an, adalah orang pertama yang sepenuhnya terintegrasi, kuat client-server aplikasi HRMS suite. PeopleSoft memperluas jajaran produk untuk menyertakan Modul Financials di 1.992-3, Distribusi di 1.994-5, dan Manufaktur pada tahun 1996 (melalui Red Pepper Acquisition).
b)      Jenis Produk
1.      Aplikasi
Produk PeopleSoft suite (juga bermerek PeopleSoft) pada awalnya didasarkan pada client-server arsitektur. Seluruh software suite pindah ke sebuah web-centric yang disebut Pure desain Arsitektur Internet (PIA) dengan rilis PeopleSoft Versi 8. Format baru yang memungkinkan semua fungsi bisnis perusahaan yang akan diakses dan dijalankan pada web browser.
2.      Pengembangan Platform
Arsitektur dibangun di sekitar milik PeopleSoft PeopleTools teknologi (platform pengembangan yang mirip dengan 4GL). PeopleSoft implementasi yang ada atau telah ada di Oracle, Microsoft SQL Server, Informix, Sybase, IBM DB2 (termasuk z / OS, Unix dan OS/400 varian s), oracle Rdb dan HP AllBase / SQL. Semua modul PeopleSoft (Human Resources, Supply Chain, Financials, CRM, dll) yang dibangun dengan teknologi PeopleTools, keuntungan adalah bahwa semua kode yang membuat sebuah modul dapat disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan.
4.      JD Edwards
JD Edwards sebagai penyedia Produk ERP, lebih mengedepankan aspek keluwesan (flexibility) dan keterbukaan (interoperability) antar modul aplikasi software di dalamnya. Jika menerapkan solusi ERP dari SAP, klien harus menggunakan modul-modul terstruktur yang dikembangkan secara internal dari vendor tersebut.
Sedangkan JD. Edwards mendukung dan mengakomodasi sistem yang mengintegrasikan berbagai modul-modul dari vendor berbeda yang diinginkan oleh pelanggannya. Sehingga kita dapat memilih sendiri databae, sistem operasi da hardware apa yang akan digunakan sehingga solusi dapat dibangun berdasarkan kebutuhan dan kemampuan perusahaan
a)      Negara Asal
Disebut juga JDE, adalah suatu perusahaan perangkat lunak yang didirikan pada bulan Maret 1977 di Denver, Colorado oleh Jack Thompson, C.T.P."Chuck" Hintze, Dan Gregory dan Ed Mc Vaney. Perusahaan ini dibuat untuk membangun perangkat lunak akuntansi untuk IBM minicomputers, mulai dengan System /34 dan /36, memfokuskan pada System /38 minicomputers di pertengahan tahun 1980an, kemudian bergabung dengan AS/400. AS/400 menyebut JDEdward sebagai WorldSoftware dan sangat terkenal di dunia. Di tahun 1996, J.D. Edwards juga meluncurkan suatu client-server versi perangkat lunak mereka yang disebut OneWorld. Nama resmi perusahaannya adalah J.D. Edwards World Source Company dan berlokasikan di One Technology Way, di Denver, CO 80237. JDE dibeli oleh Peoplesoft di tahun 2003. Peoplesoft, pada akhirnya dibeli oleh Korporasi Oracle di tahun 2005.
b)      Jenis Produk
JD.EDWARDS memiliki banyak modul modul, mereka memiliki lebih dari 80 modul aplikasi yang mendukung berbagai jenis aperasi bisnis. Beberapa kelompok modul yang terdapat didalam JD.EDWARDS antara lain:
1.      Analytics
2.      Capital Asset Management (HCM)
3.      Manufacturing
4.      Order Management
5.      Project Management
6.      Real Estate and Home Contruction
7.      Supply Chain Planning
8.      Supply Chain Executin (Logistics)
9.      Supply Management (Procurement)
10.  Tools and Technology
5.      Microsoft Business Solution
Microsoft melalui unit bisnis Business Solution menyediakan 3 jenis software untuk implementasi ERP, yaitu Microsoft Axapta, Microsoft Great Plains, Microsoft Navision. Saat ini ketiga jenis software ini telah berbah nama secara resmi dengan penambahan kata “Dynamics” didepannya.
Meskipun ketiga jenis kelomok software tersebut memiliki fitur yang hampir sama, tetapi secara umum produk Microsoft Dynamics ini mewarisi karakteristik khas produk Microsoft lainnya yaitu:
1.      User friendly, mudah digunakan dan dapat terintegrasi dengan Microsoft Office yang sudah banyak digunakan oleh pengguna komputer dan sistem aplikasi sehingga meningkatkan produktivitas, mengurangi waktu training, dan mengurangi reluktansi (keengganan) pengguna.
2.      Flexible, mudah diadaptasi dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dinamis dan berubah, atau kebutuhan spesifik industri tertentu.
3.      Right Size Right Fit, menyediakan fungsi fungsi yang lengkap dan tidak berlebihan yang sudah memenuhi mayoritas kebutuhan pasar.
6.      Industrial and Financial System (IFS)
IFS adalah vendor ERP dari Swedia yang didirikan pada tahun 1983. Saat ini IFS telah mempunyai 2.600 karyawan. Aplikasi IFS telah ada di 54 negara dan dibuat dalam 20 Bahasa.
Aplikasi IF menyediakan fungsi-fungsi ERP termasuk diantaranya: Customer Relation Management (CRM), Suplly Chain Management (SCM) , Product Lifecycle Management (PLM ), Corporate Performance management (CPM), Enterrise Asset management (EAM), dan Maintenace Repair and Overhaul (MRO). IFS juga menyediakan solusi Untuk Retail & Wholesale Distribution.
IFS menyediakan solusi berbasis komponen yang mudah untuk di implementasikan, dijalankan, dan di upgrde. Dengan sistem berbasis komponen ini, sistem IFS dapat dengan mudah di konfigurasi mengikuti perubahan proses sehingga dapat mendukung proses bisnis yang memberikan nilai tambah pada perusahaan. Aplikasi IFS dapat diterapkan secara bertahap mulai dari tingkat fungsional yang paling diperlukan hingga fitur fitur tambahan untuk mendukung proses bisnis yang sejalan dengan perkembangan kebutuhan perusahaan. Arsitektur aplikasi IFS juga dibangun berdasarkan konsep Service Oriented Compenent Atchitecture yang bersifat terbuka dan dirancang sesuai dengan standard industri. Arsitektur ini memudahkan integrasi IFS dengan berbagai paket software lain yang ada di pasar.
7.      Compiere ERP&CRM
Compiere yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman modern JAVA (ERP lain kebanyakan masih menggunakan bahasa pemrograman lama yang sudah out of date), memungkinkan aplikasi ini berjalan di berbagai platform seperti Windows, Linux, Unix, Solaris dan lain lain. Hal ini membuat Compiere memiliki fleksibilitas yang tinggi dimana klien dapat menentukan jenis OS dan Hardware yang akan mereka pakai dengan menyesuaikan terhadap kebutuhan dan anggaran yang tersedia.
Compiere juga sangat mudah di Customize, didalam aplikasi Compiere terdapat modul Application Dictionary dimana anda dapat menambah windows, membuat form, field, dan lain lain tanpa harus melalui source code dan tanpa menyentuh bahasa pemrograman. Cukup dengan memanfaatkan modul ini anda dapat melakukan customize hanya dalam beberapa menit (cek link berikut ini). Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan utility Customize Report sehingga penggunanya dapat membuat report sesuai kebutuhan dan selera masing masing, sekali lagi tanpa menyentuh source code dan bahasa pemrograman.
Compiere yang dilengkapi dengan antar muka client-server dan Web Base yang berjalan secara bersamaan, membuat aplikasi ini sangat fleksibel dalam hal kemudahan akses dibanding aplikasi ERP manapun. Struktur antar muka yang dibuat berdasarkan konsep Windows ekspolorer sangat memudahkan pengguna sehingga dapat dengan cepat menjadi familiar dalam menjalankan aplikasi ini.
Sifat aplikasi yang opensource, membuat aplikasi ini sangat populer dan dicoba oleh ribuan user di seluruh dunia, sehingga bug dan kesalahan yang terjadi dapat dengan cepat diketahui dan diperbaiki dan sangat cepat berkembang dimana pengembangannya didukung para contributornya diseluruh dunia. Hal ini membuat Compiere menjadi aplikasi yang fleksibel, stabil, dan up to date.
Saat ini ada 4 versi produk Compiere, yaitu Versi Community (Free dan Opensource), Versi Standard (Subscription dan Opensource), Versi Profesional (Subscription dan Closed Source), dan Versi Cloud (Subscription dan Closed Source).

8.      Adampiere
Adempiere merupakan turunan dari Compiere, dimana aplikasi ini dibangun oleh programmer programmer di seluruh dunia yang sebelumnya tergabung didalam komunitas Compiere. Kelahiran Adempiere dipicu oleh kekecewaan komunitas terhadap Compiere Inc. sebagai perusahaan pemilik Compiere.
Adempiere sebagai turunan Compiere memiliki hampir semua kehebatan dan kelebihan Compiere, ditambah lagi dengan beberapa modul baru hasil sumbangan dari para kontributornya, modul modul itu adalah : Manufacturing Management (sumbangan dari eevolution – Mexico), Posterita (sumbangan Posterita), ZK WebUI (sumbangan Posterita), Fixed Asset, dan Human Resource Management.
Dengan pengembangan dan penambahan modul modul yang bahkan beberapa diantaanya belum ada di Compiere, saat ini Adempiere merupakan aplikasi ERP Opensource yang paling lengkap dan paling gratis. Implementasi Adempiere banyak menuai sukses baik di luar negri maupun didalam negri. Selain itu anda dapat memilih OS sesuai keinginan anda, Hardware sesuai keinginan anda, serta pilihan database postgreSQL (Opensource) atau Oracle (License).
Dengan keistimewaan yang ditawarkan Adempiere tersebut, perusahaan dapat menerapkan ERP mulai dari anggaran terendah yang mampu di investasikan oleh perusahaan. Dan apabila perusahaan berkembang, dapat dengan mudah di upgrade atau bahkan di customize sesuai dengan kebutuhan Perusahaan.



3 komentar:

  1. Ada juga Acumatica Indonesia salah satu software erp pilihan yang sekarang telah digunakan di banyak perusahaan di Indonesia

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum ka, perkenalkan saya Reza , Saya sedang mengerjakan skripsi mengenai ERP pada perbankan yang terdaftar di BEI , apa boleh saya meminta data jenis2 ERP yang digunakan di perbankan
    contohnya jenis ERP SAP bank apa saja yang menggunakannnya. Terima kasih banyak ka

    BalasHapus
  3. kalau ada dapat kirim ke email saya ka mrezademara2502@gmail.com terima kasih banyak kaskali lagi

    BalasHapus

Danau Tanralili ( Surga Di Kaki Gunung Bawakaraeng)

Sumb er: Dokum entasi Pribadi M e nd e ngar kata Gunung Bawakara e ng s e kilas akan t e rlintas angan t e ntang k e tinggian dan huta...