Sabtu, 01 September 2018

Doa dan Dzikir Manasik Haji dan Umrah Part 2

II.          DOA TAWAF

Pada setiap awal putaran (1-7) berdiri menghadap Hajar Aswad dengan seluruh badan atau miring (sebagian badan) atau menghadapkan muka saja sambil mengangkat tangan kanan dan membaca: Bismillaahi wallaahu akbar. Artinya :“Dengan nama Allah dan Alloh maha besar”. Serta mengecup telapak tangan kanan, lalu mulailah bergerak dengan posisi Ka’bah di sebelah kiri

A.  Doa Putaran 1 s.d. 7
1.      Do’a Putaran ke 1
Subhaanallaah walhamdulillaah walaa ilaaha illallaahu wallaahu akbar walaahaola walaaquwwata illaa billaahil’aliyyil ‘adziim wassholaatu wassalaamu ‘alaa rosuulillaah sholallaahu ‘alaihi wasallam.Allaahummma iimaanan bika watashdiqon bikitaabika wawafaa an bi ‘ahdika wattibaa an lisunnati nabiyyika wahabiibika muhammadin shollallaahu ‘alaihi wasallam.Allaahumma inni as alukal afwa wal ‘aafiata walmu’aafaataddaa imata fiddiini waddunyaa wal aahiroti walfaoza bil jannati wannajaata minannaar.
Artinya :“Maha suci Allah segala puji bagi Allah tidak ada Tuhan selain Allah, Allah maha Besar tiada dayadan kemampuan kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Mulia dan Maha Agung.Sholawat dan salam bagi Rosulullah saw,ya Allah,aku tawwaf karena beriman kepadaMu membenarkan kitabMu dan memenuhi janjiMu dan mengikuti sunnah NabiMu Muhammad saw, ya Allah sesungguhnya hamba memohon kepadaMu ampunan, kesehatan dan perlindungan yang kekal dalam menjalankan agama didunia dan akhirat dan beruntung memperoleh syurga dan terhindar dari siksa neraka”.
Pada setiap kali sampai di rukun Yamani mengusap atau bila tidak mungkin cukup dengan mengangkat tangan kanan tanpa di kecup ke arah rukun Yamani sambil mengucapkan: Bismillaahi wallaahu akbar. Artinya :“Dengan nama Allah dan Allah Maha besar”.
Diantara Rukun Yamani dan Hajar Aswad membaca :  Robbanaa aatinaa fiddun yaa hasanah wafil aahiroti hasanah waqinaa ‘adzaabannaar.  Artinya : “Wahai Tuhan kami berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka”
Dapat ditambah: Waa adjilnaal jannata maal abraari yaa adjijuu yaa goffaan ru yaa ra bal aalamin
2.      Doa Putaran Ke 2, Dibaca mulai dari rukun Hajar Aswad sampai Rukun Yamani:
Allaahumma inna haadalbaita baituka walharoma haromuka wal amna amnuka wal ‘abda ‘abduka wa anaa ‘abduka abnu ‘abdika wa haadzaa maqoomul ‘aa idzibika minannaar.Allaahumma habbib ilainal iimaana wajayyinhu fii quluubinaa wakarrih ilainalkufro walfusuqo wal’ishyaa waj alnaa minarrosyidiin.Allaahumma qinii ‘adaabaka yaoma tab’atsuu ibaadaka.Allaahummarzuqniyaljannah.
Artinya: “Yaa Allah, sesungguhnya bait ini rumahMu, tanah mulia ini tanahMu, negri aman ini negriMu, hamba ini hambaMu, anak dari hambaMu dan tempat ini adalah tempat orang berlindung padaMu dari siksa api neraka. Yaa Allah, cintakanlah kami pada iman dan biarkanlah ia menghias hati kami, tanamkan kebencian pada diri kami pada perbuatan kufur,maksiat dan durhaka serta masukkanlah kami ini dalam golongan orang yang mendapat petunjuk.Yaa Allah, lindungilah hamba dari adzabMu di hari kelak Engkau membangkitkan hamba hambaMu. Yaa Allah, anugerahkan syurga kepada hamba tanpa hisab”.
Diantara Rukun Yamani dan Hajar Aswad membaca : Robbanaa aatinaa fiddun yaa hasanah wafil aahiroti hasanah waqinaa ‘adzaabannaar. Artinya :“Wahai Tuhan kami berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka”. 
Dapat ditambah dengan do’a : Wa adhilnal jannata ma ‘al abroor, yaa ‘aziizu yaa ghoffaar yaa robbal ‘aalamiin. Artinya : “Dan masukkanlah kami kedalam syurga bersama orang orang yang berbuat baik wahai Tuhan yang Maha Perkasa,Maha Pengampun dan Tuhan yang menguasai seluruh alam”.
3.      Do’a Putaran Ke 3, Dibaca mulai dari rukun Hajar Aswad sampai Rukun Yamani
Allahumma innii a‘uudzubika minassyakki wassyirki wassyiqooqi wannifaaqi wasuu il ahlaaki wasuu il mandhori wal munqolabi fil maali wal ahli wal walad.Allahumma inni as aluka ridhooka wal jannah wa a’udzubika min sahotika wannaar.Allahumma innii a’uudzubika min fitnatilqobri wa a’uudzubika min fitnatil mahyaa wal mamaat.  Artinya :“Yaa Allah, aku berlindung kepadaMu dari keraguan, syirik, percekcokan, kemunafikan, buruk budi pekerti dan penampilan dan kepulangan yang jelek dalam hubungan dengan harta benda, keluarga dan anak anak.Yaa Allah sesungguhnya hamba memohon kepadaMu keridhoanMu dan syurga, dan hamba berlindung padaMu dari fitnah kubur dan hamba berlindung padaMu dari fitnah kehidupan dan derita kematian”.
Diantara Rukun Yamani dan Hajar Aswad membaca : Robbanaa aatinaa fiddun yaa hasanah wafil aahiroti hasanah waqinaa ‘adzaabannaar. Artinya :“Wahai Tuhan kami berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka”. 
Dapat ditambah dengan do’a : Wa adhilnal jannata ma ‘al abroor, yaa ‘aziizu yaa ghoffaar yaa robbal ‘aalamiin. Artinya : “Dan masukkanlah kami kedalam syurga bersama orang orang yang berbuat baik wahai Tuhan yang Maha Perkasa, Maha Pengampun dan Tuhan yang menguasai seluruh alam”.
4.      Doa Putaran Ke 4 Dibaca mulai dari rukun Hajar Aswad sampai Rukun Yamani :
Allahummaj’alhu hajjan mabruuron wa sa’yan maskuuron wadzanban maghfuuron wa’amalan shoolihan maqbuulan watijarotan lantabuuro.Yaa ‘aalima fisshuduur ahrijnii yaa Allooh mindhulumaati ilannuur. Alloohumma inni as aluka muujibaati rohmatika wa ‘ajaa ima maghfirotika wassalaamata min kulli itsmiwwalghoniimata min kulli birrin walfaoza biljannati wannajaata minannaar. Robbii qonni’ nii bimaa rizaqtanii wabaariklii fiimaa a’toetanii wahluf ‘alaiyya kulla ghoo ibatin lii mingka bi khoiir. Artinya:“Yaa Allah, karuniakanlah haji yang mabrur,sa’I yang diterima,dosa yang diampuni,amal shaleh yang diterima dan usaha yang tidak akan mengalami rugi.Wahai Tuhan Yang Maha Mengetahui apa apa yang terkandung dalam hati sanubari, keluarkanlah hamba dari kegelapan ke cahaya yang terang benderang. Yaa Allah,  hamba memohon kepadaMu segala hal yang dapat mendatangkan RahmatMu dan keteguhan ampunanMu selamat dari segala dosa dan beruntung dengan mendapat berbagai kebaikan,beruntung memperoleh syurga, terhindar dari siksa api neraka. Tuhanku, puaskanlah hamba dengan anugrah yang telah Engkau berikan, berkatilah untukku atas semua yang telah Engkau anugrahkan kepada hamba dan gantilah apa apa yang ghaib dari pandangan hamba dengan kebajikan dariMu”.
Diantara Rukun Yamani dan Hajar Aswad membaca : Robbanaa aatinaa fiddun yaa hasanah wafil aahiroti hasanah waqinaa ‘adzaabannaar. Artinya :“Wahai Tuhan kami berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka”.
Dapat ditambah dengan do’a :Wa adhilnal jannata ma ‘al abroor, yaa ‘aziizu yaa ghoffaar yaa robbal ‘aalamiin.  Artinya :“Dan masukkanlah kami kedalam syurga bersama orang orang yang berbuat baik wahai Tuhan yang Maha Perkasa,Maha Pengampun dan Tuhan yang menguasai seluruh alam”.
5.      Doa Putaran Ke 5 Dibaca mulai dari rukun Hajar Aswad sampai Rukun Yamani : 
Allahumma adhillanii tahta dhilli ‘arsyika yaoma laa dhilla illaa dhilluka walaa baaqiya illaa wajhuka wasqinii minhaodhi nabiyyika muhammadin shallallaau’alaihi wasallama syurbatan hanii atan marii atan laa adhma’u ba’da haa abadan.Allahumma innii as aluka minkhoirimaa saa alaka minhu nabiyyuka muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama wa ‘a udzubika minsyarrimasta’aadzaka minhu nabiyyuka muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallam.Allahumma inni as alukaljannata wana’iimahaa wamaa yuqorribunii ilaihaa min qaolin aofi’lin ao’amalin wa ‘a uudzubika minannaar wamaa yuqorribunii ilaihaa minqaolin aofi’lin ao’amalin. 
Artinya :“Yaa Allah,lindungilah hamba dibawah lindungan singgasanaMu pada hari yang tidak ada naungan selain naunganMu,dan tidak ada yang kekal kecuali dzatMu dan berilah hamba minuman dari telaga Nabi Muhammad SAW dengan suatu minuman yang lezat,segar dan nyaman,sesudah itu tidak akan haus untuk selamanya.Yaa Allah, hamba mohon padaMu kebaikan yang dimohonkan oleh NabiMu Muhammad SAW dan hambaberlindung padaMu dari kejahatan yang dimintakan perlindungan oleh NabiMu Muhammad SAW .Yaa Allah, hamba mohon padamu syurga serta nikmatnya dan apapun yang dapat mendekatkan hamba kepadanya baik ucapan maupun amal perbuatan dan hamba berlindung padaMu dari panasnya api neraka serta apapun yang mendekatkan hamba kepadanya baik ucapan ataupun amal perbuatan”. 
Diantara Rukun Yamani dan Hajar Aswad membaca :  Robbanaa aatinaa fiddun yaa hasanah wafil aahiroti hasanah waqinaa ‘adzaabannaar.  Artinya :“Wahai Tuhan kami berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka”.
Dapat ditambah dengan do’a : Wa adhilnal jannata ma ‘al abroor, yaa ‘aziizu yaa ghoffaar yaa robbal ‘aalamiin.  Artinya :“Dan masukkanlah kami kedalam syurga bersama orang orang yang berbuat baik wahai Tuhan yang Maha Perkasa,Maha Pengampun dan Tuhan yang menguasai seluruh alam”. 
6.      Doa Putaran Ke 6  Dibaca mulai dari rukun Hajar Aswad sampai Rukun Yamani:
Allahumma inna laka ‘alayya huquuqon katsiirotan fiimaa bainii wabainaka wahuquuqon katsiirotan fiimaa bainii wabaina kholqika.Allahumma maa kaanalaka minhaa faghfirhulii wamaa kaana likholqika fatahammalhu ‘anni wa aghninii bihalaalika ‘anharoomika wabithoo’atika ‘an ma’shiatika wabifadhlika ‘ammansiwaaka yaa waasi’al maghfiroh.Allahumma inna baitaka ‘adhiimun wawajhaka kariim wa anta yaa Allaah haliimun kariimun ‘adhiimun tuhibbul ‘afwa fa’fu’annii. 
Artinya :“Yaa Allah sesungguhnya Engkau mempunyai hak kepada hamba banyak sekali dalam hubungan hamba dengan Engkau dan Engkau juga mempunyai hak banyak sekali dalam hubungan hamba dengan mahlukMu. Yaa Allah, apa yang menjadi hakMu kepada hamba maka ampunilah diri hamba dan apasaja yang menjadi hakMu kepada mahlukMu maka tanggunglah diri hamba,cukupkanlah hamba dengan rizkiMu yang halal,terhindar dari pada yang haram dengan ta’at kepadaMu terhindar dari kemaksiatan dan dengan anugrahMu terhindar dari mengharapkan dari orang lain selain dari padaMu wahai Tuhan yang Maha pengampun. Yaa Allah sesungguhnya rumahmu (Baitullah) ini agung,dzatMu pun Mulia, Engkau Maha Penyabar, Maha Pemurah,  Maha Agung yang sangat suka memberi ampun maka ampunilah hamba”. 
Diantara Rukun Yamani dan Hajar Aswad membaca :  Robbanaa aatinaa fiddun yaa hasanah wafil aahiroti hasanah waqinaa ‘adzaabannaar.  Artinya :“Wahai Tuhan kami berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka”.
Dapat ditambah dengan do’a :  Wa adhilnal jannata ma ‘al abroor, yaa ‘aziizu yaa ghoffaar yaa robbal ‘aalamiin. Artinya :“Dan masukkanlah kami kedalam syurga bersama orang orang yang berbuat baik wahai Tuhan yang Maha Perkasa,Maha Pengampun dan Tuhan yang menguasai seluruh alam”.
7.      Doa Putaran Ke 7, Dibaca mulai dari rukun Hajar Aswad sampai Rukun Yamani : 
Allahumma inni as aluka iimaanan kaamilan wayaqiinan shoodiqon warizqon waasi’an waqolban khoosyi’an walisaanan dzaakiron wahalaalan thoyyiban wataobatan nashuuha wataobatan qoblalmaot waroohatan ‘indalmaot wamaghfirotan warohmatan ba’dal maot wal’afwa ‘indalhisaab walfaoza biljannati wannajaata minannaar birohmatika yaa ‘aziizu yaa ghoffar.Robbizidnii ‘ilman wa alhiqniibishoolihiin. 
Artinya :“Yaa Allah,hamba mohon padaMu iman yang sempurna,keyakinan yang benar,rizqi yang luas,hati yang khusyu, lidah yang selalu berdzikir (menyebut nama Allah) rizqi yang halal dan baik, taubat yang diterima dan taubat sebelum mati, ampunan dan rahmat sesudah matiampunan ketika hisab keberuntungan memperoleh syurga dan terhindar dari api neraka dengan rahmat kasih sayangMu wahai Tuhan yang Maha Perkasa, yang Maha pengampun. Tuhanku, berilah hamba tambahan ilmu pengetahuan dan gabungkanlah hamba kedalam golongan orang orang yang shaleh”.
Diantara Rukun Yamani dan Hajar Aswad membaca : Robbanaa aatinaa fiddun yaa hasanah wafil aahiroti hasanah waqinaa ‘adzaabannaar. Artinya :“Wahai Tuhan kami berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka”.
Dapat ditambah dengan do’a : Wa adhilnal jannata ma ‘al abroor, yaa ‘aziizu yaa ghoffaar yaa robbal ‘aalamiin. Artinya: “Dan masukkanlah kami kedalam syurga bersama orang orang yang berbuat baik wahai Tuhan yang Maha Perkasa,Maha Pengampun dan Tuhan yang menguasai seluruh alam”. 

 B.     Do’a Sesudah Thawaf
Setelah selesai 7 kali putaran bergeser sedikit ke kanan dari arah sudut Hajar Aswad menghadap bagian dinding ka”bah yang disebut Multazam dan berdo’alah sesuai harapan dan keinginan masing masing dengan bahasa apapun.
Salah satu do’a yang dianjurkan adalah :
Allahumma yaa robbalbaitil’atiiq a’tiqriqoobanaa wariqooba aabaa inaa wa ummahaatinaa wa ihwaanina wa aolaadinaa minannar yaa dzaljuudi walkaromi walfadhli walmanni wal athooi’ wal ihsaan.Allahumma ahsin ’aaqibatanaa fil umuuri kullihaa wa ajirnaa min hizyiddunyaa wa ’adzabil aahiroh.Allahumma inni ‘abduka wabnu ‘abdika waaqifun tahta baabika multazimun bi a’taabika mutadzallilun baina yadaika arjuu rohmataka wa ahsyaa ‘adzaabaka ya qodiimal ihsaan.Allahumma inni as aluka antarfa’a dzikrii watadho’awizrii watushliha amrii watuthohhiroqolbii watunawwirolii fiiqobrii wataghfirolii dzanbii wa as alukaddarojaatil ‘uulaa minaljannah. 
Artinya : “Yaa Allah,  yang memelihara Ka’bah ini. Bebaskanlah diri kami, bapak dan ibu kami, saudara saudara dan anak anak kami dari siksa api neraka, wahai Tuhan yang Maha Pemurah, Dermawan dan yang mempunyai keutamaan, kemuliaan, kelebihan, anugrah, pemberian dan kebaikan. Yaa Allah perbaikilah kesudahan segenap urusan kami dan jauhkanlah dari kehinaan dunia dan siksa di akhirat. Yaa Allah,sesungguhnya aku adalah hambaMu, anak dari hambaMu, tegak berdiri merapat dibawah pintu Ka’bahMu menundukan diri dihadapanMu sambil mengharapkan RahmatMu, kasih sayangMu, dan takut akan siksaMu. Wahai Tuhan Pemilik Kebaikan Abadi, hamba mohon padaMu agar Engkau tinggikan nama hamba,hapuskan dosa hamba,perbaiki segala urusan hamba, bersihkan hati hamba, berilah cahaya kelak dalam kubur hamba. Ampunilah dosa hamba dan hamba mohon padaMu martabat yang tinggi didalam syurga”

C.    Do’a Sesudah Shalat Sunat Dibelakang Maqam Ibrahim.
Shalat sunnah tawaf dilakukan dibelakang Maqom Ibrahim . Bila tidak mungkin maka dilakukan dimana saja asal didalam masjidil haram. Pada shalat tersebut setelah membaca Fatihah pada rakaat pertama sebaiknya membaca surat Al Kafirun, dan pada rakaat kedua setelah membaca fatihah sebaiknya membaca Al Ikhlas .  Sesudah shalat dianjurkan berdo’a :
Allahumma innaka ta’lamu sirrii wa’alaa niyatii faqbal ma’dzirotii wata’lamu haajatii fa’thinii su’lii wata’lamumaa fiinafsii fagfirlii dzunuubii. Allahumma innias aluka iimanan daaiman yubaasiru qolbiiwayaqiinqn shoodiqon hattaa a’lama annahu laayushiibunii illamaakatabta liiridhomminka bimaakasamtalii anta waliyyii fiddun yaa wal aahiroh tawaffanii musliman wa alhiknii bisshoolihiin.Allahumma laa tada’ lanaa fii maqoominaa haadzaa dzanban illa ghofartahu walaa hamman illa farrojtahu wala haajatan illa qodhoitahaa wayassartahaa fayassir umuuronaa wasyroh shuduuronaa wanawwirquluubanaa wahtim bishoolihati a’maalanaa.Allahumma tawaffanaa muslimiina wa ahyinaa muslimiina wa alhiknaa bishoolihiina ghoiro khojaayaa walaa maftuuniin. 
Artinya :“Yaa Allah,sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui Rahasiaku yang tersembunyi dan amal perbuatanku yang nyata,maka terimalah ratapanku Engkau Maha Mengetahui keperluanku ,kabulkanlah permohonanku.Engkau Maha Mengetahui apapun yang terkandung dalam hatiku, maka ampunilah dosaku.Yaa Allah, aku mohon padaMu iman yang tetap yang melekat terus dihati,keyakinan yang sungguh sungguh sehingga akudapat mengetahui bahwa tiada sesuatu yang menimpa dadaku selain dari yang Engkau tetapkan bagiku. Jadikanlah aku rela terhadap apapun yang Engkau bagikan padaku. Wahai Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih,Engkau adalah pelindungku didunia dan diakhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah kami kedalam orang orang yang shalih. Yaa Allah, janganlah Engkau biarkan ditempat kami ini suatu dosa pun kecuali Engkau ampunkan,tiada suatu kesusahan hati kecuali Engkau lapangkan, tiada suatu hajat keperluan kecuali Engkau penuhi dan mudahkan, maka mudahkanlah segenap urusan kami dan lapangkanlah dada kami, teranglah hati kami dan sudahilah amal perbuatan kami dengan amal yang shaleh. Yaa Allah, matikanlah kami dalam keadaan muslim, hidupkanlah kami dalam keadaan muslim dan masukkanlah kami kedalam golongan orang orang yang shaleh tanpa kenistaan dan fitnah.

D.    Doa Sesudah Shalat Sunat Mutlak Di Hijir Ismail.
Allahumma anta robbi laa ilaaha illa anta kholaktanii wa anaa abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wawa’dikamastatho’tu. A‘uudzubika minsyarrimaa shona’tu abuu ulaka bini’matika ‘alaiyyaa wa abuu u bidzanbii faghfirlii fa innahu laayaghfiruddunuuba illa anta. Allahumma inni as aluka min khoirimaa saa alakabihi ‘ibaadukassholihuun wa a’uudzubika minsyarrimasta’aadzaka minhu ‘ibaadukasshoolihuun. Artinya : Yaa Allah, Engkau pemeliharaku, tiada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, aku ini hambaMu dan aku terikat pada janji dan ikatan padaMu sejauh kemampuanku. Aku berlindung padaMu dari kejahatan yang telah kuperbuat, aku akui segala nikmat dariMu kepadaku dan aku akui dosaku, maka ampunilah aku.Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau Sendiri. Yaa Allah aku mohon padaMu kebaikan yang diminta oleh hamba hambaMu yang shalih.dan aku berlindung padaMu dari kejahatan yang telah dimintakan perlindungan dari hamba hambaMu yang shalih.

E.     Do’a Minum Air Zamzam  
Do’a yang diajarkan oleh Nabi Sebagai berikut : Allohumma inni as aluka ‘ilman naafi’an warizqon waasi’an wasyifaa an min kulli daa in wasaqoomin birohmatika yaa arhamarroohimiin. Artinya : “Yaa Allah aku memohon padaMu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rizqi yang luas dan kesembuhan dari segala penyakit dan kepedihan dengan RahmatMu yaa Allah Tuhan yang Maha Pengasih dari segenap yang pengasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Danau Tanralili ( Surga Di Kaki Gunung Bawakaraeng)

Sumb er: Dokum entasi Pribadi M e nd e ngar kata Gunung Bawakara e ng s e kilas akan t e rlintas angan t e ntang k e tinggian dan huta...