Minggu, 02 September 2018

Doa dan Dzikir Manasik Haji dan Umrah Part 4

IV. NIAT HAJI, DOA BERANGKAT KE ARAFAH DAN DOA WUKUF

A.    Niat Haji.
Labbaiikallahumma hajjan. Artinya :“Kupenuhi panggilanMu yaa Allah untuk berhaji”.  Atau Nawaitul hajja wa ahromtubihi lillahi ta’aalaa. Artinya : Aku niat berhaji dengan berihrom karena Allah ta’ala”.
Bacaan Talbiyah.  Labbaiik allahumma labbaiik labbaiikalaasyariikalaka labbaiik innal hamda wanni’mata lakawalmulk laasyariikalak.  Artinya : “Aku datang memenuhi panggilanMu yaa Allah,aku datang memenuhi panggilanMu,aku datang memenuhi panggilanMu,tedak ada sekutu bagiMu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan adalah milikMu,tidak ada sekutu bagiMu”.
Bacaan Shalawat.  Allahumma sholli wasallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammad. Artinya :  Yaa Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada Nabi Muhammad dan keluarganya”
Do’a sesudah Shalawat. Allahumma inna nas aluka ridhooka waljannah wana’uudzubika min sakhootika wannaar. Robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wafil aahiroti hasanah waqinaa’adzaabannaar. Artinya : “Yaa Allah sesungguhnya kami memohon keridhoanMu dan syurga,kami berlindung padaMu dari murkaMu dan siksa neraka.Wahai Tuhan kami,berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka”.

B.     Do’a Ketika Berangkat ke Arafah.
Allahumma ilaika tawajjahtu wa ilaa wajhikal kariim arodtu faj ‘al dzanbii maghfuuron wahajjii mabruuron warhamnii walaatuhayyibnii innaka ‘alaa kulli syai in qodiir. Artinya : “Yaa Allah hanya kepadaMu aku menghadap dan hanya kepadaMu yang maha Murah aku mengharapkan,maka jadikanlah dosaku terampuni,hajiku diterima ,kasihanilah aku dan jangan Engkau mengabaikanku . Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

C.     Do’a Ketika Masuk Arafah.
Allahumma ilaika tawajjahtu wabika’tashomtu wa ‘alaika tawakkaltu. Allahummaj ‘alnii mimmantubaahii bihil yaoma malaaikataka innaka ‘alaakulli syai in qodiir. Artinya :“Yaa Allah,hanya kepada Engkaulah aku menghadap,dengan Engkaulah aku berpegang teguh,pada Engkaulah aku menyerah diri. Yaa Allah jadikanlah aku diantara orang yang hari ini Engkau banggakan dihadapan MalaikatMu, sesungguhnya Engkau Maha kuasa atas segala sesuatu”.

D.    Do’a Melihat Ja bal Rahmah.
Allahummaghfirlii watub ‘alaiyya wa a’thinii su’lii wawajjihliyalkhoiro ainamaa tawajjahtu. Subhaanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar. Artinya: “Yaa Allah, ampunilah aku, terimalah taubatku, penuhilah segala permintaanku dan hadapkanlah kebaikan kepadaku dimanapun aku menghadapkan diri, Maha Suci Allah, segala puji hanya bagi Allah dan tidak ada Tuhan selain Allah, Dan Allah Maha Agung”.

E.     Do’a Wukuf.  
1.      Astagfirullah halladzi laa ilaaha illa huwal hayyulkoyyu mu waa atubu ilaih.(100x)
2.      Labbaiik allahumma labbaiik labbaiikalaasyariikalaka labbaiik innal hamda wanni’mata lakawalmulk laasyariikalak.
3.      Allahu akbar 3x laa ilaaha illallahu allahu akbar allahu akbar walillahilhamd (3x).
4.      Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah lahumulku walahulhamdu yuhyii wayumiit biyadihil khoir wahuwa ‘alaa kulli syai in qodiir (100x)
5.      Laa haola walaaquwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adhiim,Asyhadu annallaha ‘alaa kulli syai in qodiir wa annallaha qod akhoothoo bikulli syai in ‘ilman.
6.      A ‘uudzubillahiminassaithoonirrojiim,innallaha huwassamii ’ul ‘aliim (3x).
7.      Membaca surat Al fatihah (3x).
8.      Membaca surat Al Ikhlas (100x).
9.      Shollallahu wamalaaikatuhu ‘alannabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihii wa ‘alaihissalaam warohmatullahi wabarokaatuh (100x).
10.  Allahumma inni as aluka biwajhikal kariim wajuudikal qodiim wa bismikal a’dhoomi antushollia ‘alaa sayyidina muhammadin antaghfirolanaa waliwaliidiinaa wa aoladinaa wa iqwaaninaa wa akhribaainaa wamaasya yidzhinaa waadh haabinaa waa adzwadzinaa wa adhdikhooinaa waliman awshoonaa biddu aa iwaliman ahsyana ilainaa waliman lahu hakkon alainaa waliman dholamnaa hu aw asya’naa ilaihi walijamiil muslimina walmuslimaatil ahyaa i minhum wal amwaati waantardzukhonaa waiyyahum khoiroyiddun yaa wal akhirooti wa antahfathonaa waiyyahum min jamii bala iddun yaa wa ahwali yaumilkiaamati wa antardzukhoonaal ulu mannafiata wal a’maalassholihata wa anta’simanaa minjamiil ma aasiddohiroti walbatinati wa antusahhala lanaarijkon halalan waa si’ann wa antagfianaa syarrol asrori minal insiwaljinna waddawaaban waghoirihaa wa antakhtimanaa wa iyyahum bihusnil khotimati aamin. Washollallahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa aalihi washohbihi wasallam.
Artinya :
a.       "Aku mohon ampun pada Allah yang Maha Agung yang tiada Tuhan selain dia yang Maha Hidup dan yang mengatur segala mahlukNya dan kepadaNya aku bertaubat 100x”.
b.      "Aku datang memenuhi panggilanMu ya Allah,aku datang memenuhi panggilanMu tiada sekutu bagiMu.Aku penuhi panggilanMu . Sesungguhnya segala puji dan nikmat serta kekuasaan hanya milikMu,tiada sekutu bagiMu.
c.       "Allah Maha Besar 3x.Tidak ada Tuhan selain Allah.Allah lah yang Maha Besar.Allah lah yang Maha Besar dan hanya milik Allah segala pujian 3x”.
d.      "Tiada Tuhan selain Allah satu satunya tiada sekutu baginya.Milik Allah lah kerajaan dan milik Allah lah pujian yang menghidupkan dan mematikan.Ditangannya segala kebaikan dan dialah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu 100x”.
e.       Tiada daya (untuk memperoleh manfaat)dan tiada kekuatan(untuk menolak bahaya) kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung.Aku bersaksi sesungguhnya Allah maha Kuasa atas segala sesuatu dan sesungguhnya ilmu Allah meliputi segala sesuatu”.
f.       "Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk. Sesungguhnya Allah maha mendengar dan Maha Mengetahui 3x”.
g.      "arti surat al fatihah”.
h.      "arti surat al Ikhlas”.
i.        Allah dan malaikatNya bersholawat kepada Nabi yang ummi serta kepada segenap keluarganya. Semoga sholawat,rahmat dan berkah dari Allah tercurah padanya
j.        "Yaa Allah kami mohon dengan dzatMu yang Maha Mulia dan dengan kemurahanMu dan dengan namaMu yang Maha Agung. Limpahkanlah RahmatMu kepada junjungan kami Muhammad SAW.Ampunilah kami,ayah bunda kami anak anak kami,saudara saudara kami,kaum kerabat kami,guru guru kami,sahabat sahabat kami,pasangan kami dan orang orang yang berpesan untuk di do’akan dan semua orang yang berbuat baik kepada kami dan yang mempunyai hak atas kami,orang orang yang pernah kami dzolimi ataupun yang pernah kami berbuat jahat padanya,semua orang orang muslim dan muslimat yang masih hidup dan yang sudah meninggal.Dan berilah kami rizqi,juga mereka dengan kebaikan dinia dan akhirat,pelihara kami dan juga mereka dari segala macam mala petaka dunia dan bencana pada hari kiamat.Berilah kami ilmu yang bermanfaat,amal perbuatan yang baik,lindungilah kami dari segala perbuatan maksiat yang nyata dan tersembunyimudahkanlah kepada kami rizki yang halal yang berlimpah,lindungilah kami dari segala kejahatan,manusia,jin,serta binatang dan lainnya dan akhirilah hidup kamidan mereka dengan khusnul khotimah ,Amin. Semoga Rahmat dan keselamatan tercurah kepada Nabi Muhammad SAW keluarga dan para sahabatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Danau Tanralili ( Surga Di Kaki Gunung Bawakaraeng)

Sumb er: Dokum entasi Pribadi M e nd e ngar kata Gunung Bawakara e ng s e kilas akan t e rlintas angan t e ntang k e tinggian dan huta...