Sabtu, 01 September 2018

Doa dan Dzikir Manasik Haji dan Umrah Part 1

Bismillahirrahmanirrahim.., assalamualaikum para pencari ilmu..? Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan dirahmati oleh Allah SWT. Sebelumnya saya sudah memposting artikel ini, namun ada sedikit masukan dari teman-teman pembaca agar membagi tulisan ini menjadi beberapa bagian agar bisa lebih memudahkan dalam memahami susunan kegiatan manasik haji ini. Sebenarnya, passion saya di blog ini tidak terlalu mengarah pada artikel ibadah haji dan umrah, Hanya saja, saya ingin mengshare hasil rangkuman saya. Ceritanya gini, ayah saya di tahun 2017 diberikan kesempatan sama Allah untuk beribadah ke tanah suci (Doakan agar ayah saya menjadi haji yang mabrur). Segala proses latihan dan lainnya Alhamdulillah diberi kemudahan sama Allah, tapi saat melihat beliau membaca Al-quran saya sedikit khawatir akan bacaan beliau yang kurang jelas dan tidak lengkap. Setelah saya cari tahu, ternyata penglihatan beliau sudah sedikit berkurang, meskipun membacanya dengan memakai kaca mata, namun beliau masih kesulitan dalam membaca tulisan arab. Jadi akhirnya, disini saya mulai merangkum beberapa doa terkait dengan manasik haji dan umrah. Perlu diperhatikan yah para pencari ilmu, disini saya gak asal rangkum yah, sistematika atau rangkaian kegiatan manasik haji ini saya tulis sama persis dengan panduan yang ada didalam pedoman manasik haji yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama, hanya saja dari hurufnya saya tidak menggunakan huruf Arab melainkan saya menggantikannya dengan huruf pelafalannya saja. Oke, sekian dan semoga bermanfaat yah…

I.          DOA DALAM PERJALANAN KEBERANGKATAN
A.    Doa Sebelum Berangkat dan Keluar Rumah
Doa Sebelum Berangkat
Shalat sunnat 2 rakaat, rakaat pertama setelah membaca Al Fatihah membaca surat Al Kafirun. Pada rakaat kedua setelah membaca Al Fatihah membaca surat Al Ikhlas. Setelah salam membaca do’a:
Alhamdulillaahilladzii hadaanii bil islami wa arsyadanii ilaa adaa’i manaasikii haajjan bibaitihi wamu’tamiron bimasyaa’irihi. Allaahumma sholli ‘alannabiyyil ummiyyi wa’alaa aalihi wa ashaabihi ajma’iin. Allaahumma ilaika tawajjahtu wabik’a tashomtu, Allaahummakfinii maa hammanii wamaa laa ahtammu lahu, Allaahumma zawwidnittaqwaa waghfirlii dzanbii.
Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepadaku dengan islam dan memberi bimbingan kepadaku untuk menunaikan manasik hajiku dirumahnya dan mengerjakan umrah ditempat lambang-lambang keagunganNya. (Ma-sya”ir). Ya Allah berilah salawat atas nabi yang tidak bisa baca atau tulis (ummi) dan atas keluarga dan para sahabatnya sekalian. Ya Allah kepadaMu aku menghadap dan denganMu aku berpegang teguh. Ya Allah lingdungilah aku dari sesuatu yang menyusahkan dan sesuatu yang tidak saya perlukan. Ya Allah bekalilah aku dengan taqwa dan ampunilah dosaku.”
Doa Keluar Rumah Menuju Embarkarsi
Bismillaahi aamantu billaah. Bismillaahi’tashomtu billaah. Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi walaahaola walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil ‘adhiim. 
Artinya: "Dengan nama Allah aku beriman kepada Allah, Dengan nama Allah aku berlindung kepada Allah. Dengan nama Allah aku berserah diri kepada Allah, tiada daya upaya dan tiada kekuatan melainkan atas izin Allah yang Maha Luhur Maha Agung."

B.     Doa Setelah Duduk di Dalam Kendaraan/Pesawat
Bismillaahi majroohaa wa mursaahaa inna robbii loghofuururrohiim. Wamaa qodarullaaha haqqo qodrihii wal ardhu jamii’an qobdhotuhuu yaomalqiyaamati wassamaawaatu mathwiyyaatun biyamiinihii subhaanahuu wata’aalaa ammaa yusyrikuuun.
Artinya: “Dengan nama Allah diwaktu berangkat dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar benar Maha Pengampunlagi Maha penyayang. Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang tidak semestinya, padahal bumi seluruhnya dalam genggamanNya pada hari kiamat dan langit digulung dengan kekuasaanNya. Maha suci Allah dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan”

C.    Do’a Sewaktu Kendaraan/Pesawat Mulai Bergerak
Bismillaahirrohmaanirrohiim. Allaahu akbar 3x. Subhaanalladhii sahhorolanaa haadzaa wamaa kinnaa lahu muqriniin. Wa inna ilaa robbinaa lamunqolibuun. Allaahumma innaa nas’aluka fii safarinaa haadzaa birro wattaqwaa waminal ‘amali maatardhoo. Allaahumma hawwan ‘alainaa safaronaa haadzaa wa athwi ‘annaa bu’dah. Allaahumma antasshoohibufissafari walholiifatu fil ahl.  Allaahumma inni a’uudzubika min wa’sya’issafari waka’batil mandhori wasuu il munqolabi filmaali wal ahli wal walad.
Artinya : “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Allah Maha Besar 3x. Maha suci Allah yang telah menggerakkan untuk kami kendaraan ini padahal kami tiada kuasa menggerakkannya. Dan sesungguhnya kami hanya kepada Tuhan kami akan kembali. Ya Allah kami memohon kepadaMu dalam perjalanan kami ini kebaikan dan taqwa serta amal perbuatan yang Engkau ridhoi. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini dan dekatkan jauhnya. Ya Allah Engkau yang menyertai dalam bepergian dan pelindung terhadap keluarga yang ditinggalkan. Dan sesungguhnya kami hanya kepada Tuhan kami akan kembali. Ya Allah kami memohon kepadaMu dalam perjalanan kami ini kebaikan dan taqwa serta amal perbuatan yang Engkau ridhoi. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini dan dekatkan jauhnya. Ya Allah Engkau yang menyertai dalam bepergian dan pelindung terhadap keluarga yang ditinggalkan. Ya Allah kami berlindung kepadaMu dari kesukaran dalam bepergian, penampilan yang buruk, kepulangan yang  menyusahkan dalam hubungan harta benda, keluarga dan anak”.

D.    Do’a Ketika Tiba di tempat Tujuan.
Allaahumma innii as aluka khoerohaa wa khoero ahlihaa wa khoeromaa fiihaa wa a ‘uudzubika min syarrihaa wa syarri ahlihaa wasyarri maa fiihaa.
Artinya: Ya Allah hamba mohon padaMu kebaikan Negri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada didalamnya dan hamba berlindung padaMu dari kejahatan Negri ini dan kejahatan penduduknya”.

 E.     Niat Umrah Dan Haji
1.      Haji Tamattu
a)      Niat Umrah
Labbaikallaahumma ‘umrotan. Artinya: “Aku sambut panggilanmu Ya Allah untuk berumrah” Atau Nawaitul ‘umrota wa ahromtu bihaa lillaahita’aala. Artinya: “Aku niat umrah dengan berihram karena Allah ta”ala.”
b)      Niat Haji : Labbaikalloohumma hajjan. Artinya: Aku sambut panggilanMu yaa Allah Untuk berhaji.
c)      Haji Ifrad dengan Niat Haji saja : Labbaikalloohumma hajjan artinya: Artinya :“Aku sambut panggilanMu yaa Allah Untuk berhaji”. Atau membaca: Nawaitul hajja wa ahromtubihi lillaahi ta’aala. Artinya :“Aku niat haji dan umroh dengan berihrom untuk haji dan umroh karena Allah ta’ala”.
2.      Niat Haji Qiran. 
Labbaikalloohumma hajjan wa ‘umrotan. Atau membaca: Nawaitul hajja wal umrota wa ahromtu bihimaa lillaahi ta’aala. Artinya :“Aku niat haji dan umroh dengan berihrom untuk haji dan umroh karena Allah ta’ala”.
3.      Doa Sesudah Selesai Berihram. 
Allohumma uharrimu sya’rii wabasyarii wajasadii wajamiia’ jawaarihii mingkullisyai in harromtahu ‘alalmuhrimi abtagii bidzaalika wajhakalkariima yaa robbal ‘aalamiin. Artinya: “Ya Allah aku haramkan rambut, kulit, tubuh dan seluruh anggota tubuhku dari semua yang Engkau haramkan bagi seorang yang sedang berihrom demi mengharap diriMu semata wahai Tuhan pemelihara alam semesta”

F.     Bacaan Talbiyah, Sholawat Dan Do’a.
Labbaikallaahumma labbaiik, labbaiika laa syariikalaka labbaiik, innalhamda wanni’mata lakawalmulk laasyariikalak.
Artinya: “Kami datang memenuhi panggilanMu ya Allah, tidak ada sekutu bagiMu, Sesungguhnya segala puji dan kenikmatan dan segenap kekuasaan adalah milikMu, tiada sekutu bagiMu”.
Bacaan Sholawat : Allaahumma solli wasallim ‘alaa Sayyidinaa Muhammad wa’alaa aali Sayyidinaa Muhammad. Artinya:“Yaa Allah limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Nabi Muhammad beserta keluarganya”.
Doa Sesudah Sholawat : Allaahumma innaa nas aluka ridhooka wal jannah wa na’uudzubika min sahootika wannaar. Robbanaaa aatinaa fiddunyaa hasanah wa fil aahiroti hasanah waqinaa ‘adzaabannaar.
Artinya:“Yaa Allah sesungguhnya kami memohon keridhoanMudan syurga,kami berlindung padaMu dari kemurkaanMu dan siksa neraka.Wahai Tuhan kami berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat,dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka”.

G.    Do’a Memasuki Kota Makkah. 
Allaahumma haadzaa haromuka wa amnuka wa harrimlahmii wa damii wa sya’rii wabasyarii ‘alannaar wa aaminnii min’adzaabika yaomatab’atsu ‘ibaadaka waj’alnii min aoliaa ika wa ahli thoo’atika. 
Artinya: “Yaa Allah kota ini adalah tanah HaramMu dan tempat amanMu maka hindarkanlah daging,darah,rambut dan kulitku dari api neraka.Dan selamatkanlah diriku dari siksaMu pada hari Engkau membangkitkan kembali hambaMu dan jadikanlah aku termasuk orang yang selalu dekat dan taat kepadaMu”.

H.    Doa Masuk Masjid Haram.
Allaahumma antassalam wamingkassalam wa ilaika ya’uudussalam fa hayyinaa robbanaa bissalam wa adhilnaljannata daarossalam tabaarokta robbanaa wa ta’aalaita yaa dzal jalaali wal ikroom. Allaahumma ftahlii abwaaba rohmatika, bismillaahi walhamdulillaahi washolaatu wassalaamu ‘alaa rosuulillah.
Artinya: Yaa Allah Engkau sumber keselamatan dan dari padaMulah datangnya keselamatan dan kepadaMu kembalinya keselamatan.Maka hidupkanlah kami yaa Allah dengan selamat sejahtera dan masukkanlah kami kedalam syurga Negri keselamatan.Maha banyak anugrahMu dan Maha tinggi Engkau yaa Allah yang memiliki keagungan dan kehormatan. Yaa Allah, bukakanlah untuk hamba pintu pintu rahmatMu (hamba masuk masjid ini) dengan nama Allah serta sholawat dan salam untuk rosululloh”.

I.       Doa Ketika Melihat Ka’bah
Allaahumma zid haadzalbaita tasyriifan wa ta’dhiiman wa takriiman wa mahaabatan. Wa zid mansyarrofahu wa’adhomahu wa karromahu mimmanhajjahu awi’tamarohu tasyriifan wa ta’dhiiman wa takriiman wa birro.
Artinya :“Yaa Allah,tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan dan wibawa pada Bait (ka’bah) ini. Dan tambahkan pula pada orang orang yang memuliakan, mengagungkan dan menghormatinya diantara mereka yang berhaji atau yang berumroh dengan kemuliaan, keagungan, kehormatan dan kebaikan” 

J.      Doa Ketika Melintasi Maqom Ibrahim.
Robbi adkhilnii mudkhola sidqi wa ahrijnii mukhroja sidqi waj’al lii milladunka sulthoonan nasiiron. Wa quljaaa alhaqqu wajahoqolbaatilu innalbaatila kana jahuuqon. Artinya:“Yaa Tuhanku, masukkanlah aku dengan masuk yang benar dan keluarkanlah(pula) aku dengan keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisiMu kekuasaan yang menolong. Dan katakanlah(wahai Muhammad) yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Danau Tanralili ( Surga Di Kaki Gunung Bawakaraeng)

Sumb er: Dokum entasi Pribadi M e nd e ngar kata Gunung Bawakara e ng s e kilas akan t e rlintas angan t e ntang k e tinggian dan huta...