Minggu, 23 Juli 2017

Teori Pembangunan

            Pembangunan dapat diartikan sebagai suatu perubahan tingkat kesejahteraan secara terukur dan alami. Perubahan tingkat kesejahteraan di tentukan oleh dimensi dari definisi ekonomi, sosial, politik, atau hokum. Perubahan alami ditentukan oleh siapa yang berperan dalam perubahan itu (utomo, 2015 dalam wrihatnolo, 2006). Teori pembangunan lahir dan menjadi trent baru sejak berakhirnya Perang Dunia ke II. Kemudian dalam perkembangannya Teori Pembangunan menjadi sangat beragam jenisnya. Itu bisa diruntut ke belakang, dengan melihat sejarah pembangunan dari negara-negara di berbagai belahan dunia ini. Dalam kenyataannya, tidak ada suatu negara yang benar-benar otonom dan sepenuhnya mandiri karena semua negara saling tergantung satu sama lain dan bergantung pada sistem di mana semua negara turut ambil bagian di dalamnya (Sulistiowati:2008)
            Strategis pembangunan yang dilakukan masyarakat desa dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), meliputi strategi pembangunan UKM dan koperasi, pertanian dan perikanan, pendidikan tinggi, industri pariwisata, agrowisata, dan agrobisnis yang merupakan factor penentu lajunya tingkat pertumbuhan ekonomi desa. Pedesaan harus memiliki intensifikasi dalam melakukan pemberdayaan dan alternative dalam memberikan kesejahteraan . Program Industrialisasi desa hadapi MEA harus menciptakan transformasi kesejahteraan sehingga pemanfaatan sumberdaya lokal dengan basis pengelolaan oleh masyarakat dan desa menjadi alternatif dari masalah yang ada (Ruslan:2014).  Namun menurut Wallerstein, pada prinsipnya dalam teori sistem dunia hanya ada tiga strategi pembangunan, yaitu: (a) strategi memanfaatkan kesempatan, ini merupakan strategi klasik, yang melibatkan tindakan agresif negara untuk mentransformasikan struktur keunggulan komparatif dengan tujuan mendapatkan pasar eksternal; (b) strategi promosi dengan mengundang didasarkan pada keunggulan komparatif yang ada, seperti tingkat upah yang rendah dan keterbukaan umum; (c) strategi kemandirian yang berorientasi ke dalam, namun dalam konteks sistem dunia sekarang ini, strategi ini paling mustahil mencapai keberhasilan, menurut pemikiran pembangunan sistem dunia (Sulistiowati:2006).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Danau Tanralili ( Surga Di Kaki Gunung Bawakaraeng)

Sumb er: Dokum entasi Pribadi M e nd e ngar kata Gunung Bawakara e ng s e kilas akan t e rlintas angan t e ntang k e tinggian dan huta...