Minggu, 23 Desember 2018

Teori Keadilan J Stacy Adam 1963.


Teori keadilan pertama kali dipopulerkan oleh J Stacy Adam tahun 1963. teori ini menganggap bahwa individu membandingkan masukan dan keluaran pekerjaan mereka dengan masukan atau keluaran orang lain dan kemudian berespon untuk menghapuskan setiap ketidakadilan (Ikhsan A dan Iskhak M, 2005). Teori tentang keadilan mengindikasikan bahwa ada dua bentuk keadilan: (i) keadilaan distributif, yang memfokuskan pada respon yang berorientasi pada keadilan terhadap hasil akhir dan (ii) keadilan prosedural, yang memfokuskan pada respon yang berorientasi pada keadilan aturan dan prosedur dalam perusahaan. Literatur yang ada mengindikasikan bahwa kecemasan akan prosedur dalam perusahaan mengacu pada penilaian keadilan yang independen terhadap keadilan distributif (Thibaut & Walker, 1975; Lind dan Tyler, 1988).
Istilah keadilan berasal dari kata “adil” yang berarti tidak berat sebelah, tidak memihak, berpihak kepada yang benar, sepatutnya, tidak sewenang – wenang. Jadi definisi keadilan adalah semua hal yang berkenaan dengan sikap dan tindakan dalam hubungan antar manusia, keadilan berisi sebuah tuntutan agar orang memperlakukan sesamanya sesuai dengan hak dan kewajibannya, perlakukan tersebut tidak pandang bulu atau pilih kasih, melainkan semua orang dierlakukan sama sesuai dengan hak dan kewajibannya. Murtadha Muthahhari (1995), mengemukakan konsep adil dalam empat hal:
1.       Adil, bermakna keseimbangan dalam arti suatu masyarakat yang ingin tetap bertahan dan mapan, maka masyarakat tersebut harus berada dalam keadaan seimbang, dimana segala sesuatu yang ada di dalamnya harus eksis dengan kadar semestinya dan bukan dengan kadar yang sama.
2.       Adil, dalam persamaan penafian terhadap perbedaan apapun. Keadilan yang dimaksud adalah memelihara persamaan ketika hak memilikinya sama, sebab keadilan mewajibkan persamaan seperti itu dan mengharuskannya.
3.       Adil, adalah memelihara hak-hak individu dan memelihara hak kepada setiap orang yang berhak menerimanya. Keadilan seperti itu adalah keadilan sosial yang harus dihormati dalam hukum manusia dan setiap individu diperintahkan untuk menegakkannya.
4.       Adil, adalah memelihara hak atas berlanjutnya eksistensi.
Dalam pandangan Islam, “nilai keadilan memiliki makna perhatian terhadap hak-hak individu dan memberikan hak-hak itu kepada setiap pemiliknya (Shihab, 1996). Sejalan dengan makna keadilan tersebut, Shihab dalam Alimuddin (2011) menyatakan bahwa “nilai keadilan terkandung makna menempatkan atau mendistribusikan/mendapatkan sesuatu sesuai dengan konteksnya. Makna “keadilan ini berlawanan dengan makna “kezaliman‘ yang berarti pelanggaran terhadap hak-hak pihak lain. (Shihab, 1996). Menurut Keraf (1998) Keadilan bukan berarti tiap-tiap orang memperoleh bagian yang sama. Keadilan terdiri atas: 
       1.       Keadilan komutatif, yaitu keadilan yang memberikan kepada setiap orang sama banyaknya dengan tidak mengingat jasa-jasa perseorangan. Hal ini, memegang peranan dalam tukar menukar, baik pertukaran barang maupun pertukaran jasa, sebanyak mungkin harus dapat persamaan antara apa yang ditukaran. Keadilan ini menuntut agar dalam interaksi sosial antara warga yang satu dengan warga yang lain, tidak boleh ada pihak yang dirugikan hak dan kewaibannya. Hal ini berarti bahwa prinsip keadilan komutatif menuntut agar semua orang memberikan, saling menghargai hak dan kepentingan orang lain. Dengan kata lain, dasarnya adalah keseimbangan atau kesetaraan antara semua pihak dalam transaksi sosial apapun.
       2.       Keadilan distributif, yaitu keadilan yang memberikan kepada tiap-tiap orang jatah menurut jasanya, tiap-tiap orang tidak menuntut mendapat bagian yang sama banyaknya, bukan persamaan, melainkan kesebandingan. Dengan kata lain keadilan distributif tidak membenarkan prinsip sama rata dalam hal pembagian kekayaan ekonomi. Prinsip sama rata hanya akan menimbulkan ketidakadilan karena mereka yang menyumbang paling besar tidak dihargai semestinya, yang berarti diperlakukan secara tidak adil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Danau Tanralili ( Surga Di Kaki Gunung Bawakaraeng)

Sumb er: Dokum entasi Pribadi M e nd e ngar kata Gunung Bawakara e ng s e kilas akan t e rlintas angan t e ntang k e tinggian dan huta...