Minggu, 12 Februari 2017

Tafsir Muamalah Surah Al Imran (3) Ayat 189



A.                 Surah Al-Imran(3):189
وَلِلَّهِ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Terjemahan Ayat : “Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, dan Allah Maha Perkasa atas segala sesuatu (Qs. Al-Imran : 189)”.
B.                 Munasabah
Berikut ini merupakan Surah Al Imran(3):188-189
لَا تَحْسَبَنَّ الَّذِينَ يَفْرَحُونَ بِمَا أَتَوْا وَيُحِبُّونَ أَنْ يُحْمَدُوا بِمَا لَمْ يَفْعَلُوا فَلَا تَحْسَبَنَّهُمْ بِمَفَازَةٍ مِنَ الْعَذَابِ وَلَهُمْ (Qs.Al Imran:188)عَذَابٌ أَلِيمٌ
وَلِلَّهِ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
(Qs.Al Imran:189)
Terjemahan ayat: ‘‘janganlah sesekali engkau menyangka bahwa orang–orang yg bergembira dengan apa yang telah mereka kerjakan dan mereka suka supaya di puji terhadap perbuatan yang belum mereka krejakan, janganlah kamu menyangka bahwa mereka terlepas dari siksa, dan bagi mereka siksa yang pedih. Kepunyaan Allah kerajaan langit dan bumi, dan Allah maha kuasa atas segala sesuatu’’
Ayat ini masih merupakan lanjutan uraian tentang Ahl al-kitab dari ayat-ayat sebelumnya. Kali ini yang di jelaskan adalah kebejatan moral mereka setelah menjelaskan penghianatan mereka dalam bidang hukum dan informasi agama. Ayat ini menjelaskan bahwa ada sekelompok dari ahl kitab yang tidak sekedar melakukan kebejatan moral secara malu-malu dan sembunyi-sembunyi, tetapi mereka bergembira dan angkuh dan membanggakannya serta menanti pujian atas keburukan yang mereka lakukan. Walaupun kelompok  yang di uraikan sifat-sifatnya di atas boleh jadi sekelompok  ahl kitab yg lalu sebagaimana di isyaratkan oleh penyebutan sifat mereka yakni orang-orang yg bergembira dan seterusnya bukan menunjuk dengan kata ganti ‘mereka’ namun kaitan ayat ini selain yg di sebut di atas tetap masih sangat erat, bahkan ayat ini dapat juga menjadi gambaran tentang sifat batin yang lahir akibat pelanggaran yang  di uraikan oleh ayat lalu. Sogok sebagai imbalan pemutarbalikan kebenaran  seringkali menggembirakan penerimanya, Untuk itu ayat ini mengancam mereka dengan menyatakan. Janganlah sekali-kali engkau menyangka, wahai Muhammad dan siapapun yang  dapat melihat atau dan mengetahui, bahwa orang-orang baik para ulama dan cendikiawan atau siapapun, yang bergembira dengan apa, yakni kedurhakaan yang telah mereka kerjakan dan mereka suka supaya di puji  sebagai orng-orang bermoral terhadap perbuatan yang belum dan tidak mereka kerjakan, janganlah kamu menyangka bahwa mereka terlepas dari siksa, bahkan bagi mereka siksa yang pedih. Allah mampu melaksanakan ancamaNya ini karena kepunyaan Allah kerajaan  langit dan bumi ,. Dia yang menciptakan, memiliki, dan mengaturnya, serta mengetahui seluruh rincian yang terjadi  pada keduanya dan Allah juga maha kuasa atas segala sesuatu, termasuk menjatuhkan ancamanNya ini.
Imam Bukhari meriwayatknan bahwa Maryam Ibn al-Hakam mengutus seseorang bertanya kepada sahabat nabi , Ibn Abbas; “Kalau semua orang bergembira dengan apa yang telah mereka kerjakan dan mereka supaya di puji terhadap perbuatan yang belum mereka kerjakan maka tentulah semua kita akan di siksa” ibn Abbas menjawab “ bukan demikian itu maksudnya. Tetapi suatu ketika nabi menanyakan sesuatu kepada orang yahudi, mereka menjawabnya tetapi jawaban yang sebenarnya mereka sembunyikan.. Mereka menunggu jawaban terimakasih dan pujian atas  jawaban mereka itu sambil bergembira karena merasa telah menipu nabi saw.”
Imam Bukhari juga meriwayatkan bahwa ada  sementara orang munafik yang enggan ikut berjihad. Mereka mengemukakan berbagai dalih , sehingga akhirnya Nabi mengizinkan mereka untuk tidak ikut. Mereka bergembira dengan izin itu, tetapi dalam saat yang sama mereka senang dan ingin di puji sebagai orang-orang yang tulus  ingin berjihad.
C.                 Asbabun-Nuzulul
Berkata Sayid dalam tafsirnya:” Dahulukala raja-raja dan sultan-sultan serta penguasa-penguasa Negara sengaja mendekati dan menghubungi ulama serta ahli-ahli sufi, untuk menarik mereka supaya jadi penyokong kekuasaan mereka. Sedang ulama-ulama yang di dekati ulama itu selalu menjaga martabat dirinya. Setengah dari ulama-ulama itu member azimat tangkal bahaya dan setengah lagi member nasehat supaya raja bertaqwa kepada Tuhan, selalu awas dan waspada menjaga perintah Tuhan. Lantaran nasehat itu timbul dari hati yang ikhlas, tidak mengharap apa-apa raja itu segan kepada mereka.
Tetapi kemudian keadaan telah terbalik. Kekuasaan taqwa, yaitu jiwa besar dan tidak gentar menghadapi siapapun, karena merasa lebih dekat kepada Tuhan yang semestinya ada pada ulama para ulama semakin lama beratambah lam abertambah lemah berhadapan dengan kekuasaan harta benda dan pangkat. Akhirnya orang-orang ulama itulah yang berebut-rebutan pergi ke pintu gerbang istana. Lantaran itu maka yang munafik di dekatkan duduknya dengan baginda dan yang jujur serta taqwa di sakiti. Dan yang lain mencapai menurut jarak dekat atau jauhnya dari salah satu kekuasaan itu, kukuasaan taqwa atau kekuasaan benda.’’ Ddemikian Sayid Rasyid Ridha.  
Kemudian datanglah ayat selanjutnya, membawa insan kepada kelapangan yang lebih luas, terutama peringatan kepada orang-orang keturunan Kitab. Ataupun kepada “keturunan Kitab kalangan Muslim sendiri” yang sepatutnya mengerti Al-Quran dan Hadis: “Bagi Allahlah Kerajaan langit dan bumi. Allah Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu.”(ayat 189).
Di pandang sepintas lalu seakan-akan tidak ada hubungan ayat-ayat ini dengan ayat-ayat yang sebelumnya, padahal ini adalah kuncinya. Apabila orang muslim telah ingat akan kebesaran Allah, Yang Maha Kuasa mutlak atas seluruh kerajaan langit dan bumi, tidaklah lagi mereka akan menjual kebenaran Allah dengan harga yang sedikit, tidaklah lagi mereka membeli kekufuran dengan menjual iman sebagai harganya, Tidaklah bagi mereka akan berkejar-kejar mencari pujian duniawi yang palsu, lalu mengkhianati tugas yang di pikul di atas pundaknya sebagai penjaga agama Allah. Dan ayat inipun sebagai peringatan halus kepada setiap pejuang keadilan dan kebenaran di atas dunia fana ini, bahwa yang menjadi tujuan hidupnya, ialah menegakkan ridha Allah. Adapun segala kemegahan dunia fana yang dikejar-kejar, karena ingin piji-pujian, baik atas perkara yang benar-benar di kerjakan atau yang sama sekali tidak pernah di kerjakan.  Setelah Allah menunjuk orang-orang Munafik dan Yahudi yang suka sekali di puji dalam hal yang tidak pernah mereka kerjakan, maka di ambil pula hal yang demikian jadi I’tibar bagi ummat Muhammad s.a.w sendiri, Pada penutupnya Allah memberi peringatan kepada segala insan yang terpedaya dengan tipuan hidup di dunia. Orang berkejar mendekatinya, namun kerajaan yang sejati ialah kerajaan Allah yang meliputi segenap langit dan bumi.
D.                 Tafsir
Oleh, Ibnu Katsir 189. (Milik Allahlah kerajaan langit dan bumi) maksudnya perbendaharaan hujan, rezeki, tumbuh-tumbuhan dan lain-lain (dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu) di antaranya menyiksa orang-orang kafir dan membebaskan orang-orang beriman.
E.                 Hikmah-hikmahnya
Adapun hikmah yang dapat kita petik dari ayat tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Pada Hakikatnya, pujian itu  hanya untuk Allah SWT. Mengapa demikian? Karena Allahlah yang memiliki segalanya. Apa yang ada di langit, di bumi dan juga apa yang ada di antara keduanya. Termasuk diri kita. Pada hakikatnya, kita tak memiliki diri kita sendiri. Apabila Allah menginginkan kita lenyap di dunia ini, maka keinginan itu tak akan ada yang menghalangi. Maka sepantasnya, hanya kepadaNya lah kita serahkan segala perkara kita.
2.      Kita harus memiliki tahuid rububiyyah. Yaitu mengakui bahwa hanya Allahlah yang menciptakan langit dan bumi. Hanya Allah lah yang bisa mengurusi semua perkara di dalamnya. Dia tak pernah lelah ataupun bosan mengurusi semua makhlukNya.
3.      Janganlah kita takut kepada selain Allah. sifat seorang mukmin adalah selalu optimis terhadap segala harapannya. Dengan tetap menyandarkannya hanya kepada Allah setelah berdoa dan berusaha semaksimal mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Danau Tanralili ( Surga Di Kaki Gunung Bawakaraeng)

Sumb er: Dokum entasi Pribadi M e nd e ngar kata Gunung Bawakara e ng s e kilas akan t e rlintas angan t e ntang k e tinggian dan huta...